Breaking News:

Penerimaan Bintara Polri

Seleksi Calon Bintara di Polres Aceh Selatan, 87 Peserta Lulus dan 70 Orang Dinyatakan Gugur

Dari 152 orang Calon Bintara Polri Tugas Umum (PTU) itu, yang memenuhi syarat hanya 85 orang dan yang tidak memenuhi syarat 67 orang.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Dok Polres Aceh Selatan
Ratusan peserta seleksi tahap awal Calon Bintara Polri Tahun 2020 sedang melihat pengumuman di Mapolres Aceh Selatan, Senin (24/8/2020) sore. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Sebanyak 87 orang dari 157 orang peserta, yakni 135 pria dan 22 wanita yang mendaftar dan mengikuti seleksi penerimaan Calon Bintara Polri tahun anggaran 2020 dari Aceh Selatan dinyatakan lulus dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di Polda Aceh.

Sedangkan 70 orang lagi dinyatakan gugur (tidak lulus) oleh panitia seleksi secara terpadu yang dibentuk Polres Aceh Selatan.

"Hasil sileksi awal peserta pendaftar calon Bintara tahun 2020 di Polres Aceh Selatan, dari 157 orang peserta, sebanyak 70 orang diantaranya tidak lulus. Dari 157 peserta tersebut, 152 diantaranya melamar menjadi calon Bintara Polri Tugas Umum, sedangkan 5 orang calon Bakomsus," kata Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho, SIK, SH, MH melalui Ketua Panitia Penerimaan Bintara (Pabanrim), Buchli, Senin (24/8/2020) sore.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari 152 orang Calon Bintara Polri Tugas Umum (PTU) itu, yang memenuhi syarat (MS) hanya 85 orang dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebanyak 67 orang.

Kemudian untuk Calon Bintara khusus (Bakomsus) yang mendaftar sebanyak 5 peserta dan dinyatakan lulus atau memenuhi syarat 2 orang dan yang tidak memenuhi syarata 3 orang.

"Sehingga yang lulus seleksi awal dari Aceh Selatan sebanyak 87 orang dan mereka berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di Polda Aceh. Seleksi awal ini dimulai sejak Jumat (21/8/2020) dan berakhir Senin (24/8/2020) di Aula Serbaguna Polres Aceh Selatan. Dan hasil seleksi administrasi atau hasil Rikmin awal ini diumumkan di tempat peserta mendaftar," ungkap Buchli.

Lebih lanjut Buchli menjelaskan, Kepolisian Republik Indonesia Resor Aceh Selatan di era new normal ini membuka peluang kepada pemuda dan pemudi setempat untuk menjadi calon Bintara Polri untuk tahun 2020, merujuk Undang-Undang Nomor 2/2020 tentang Kepolisian Negara RI.

Penerimaan ini juga sesuai dengan peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Penerimaan Anggota Polri.

Terkait proses seleksi calon Bintara Polri dimaksud, lanjutnya, juga mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 21/2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19.

Dia juga menjelaskan, penerimaan Calon Bintara TA 2020 ini dilakukan secara terpadu melibatkan instansi terkait, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kantor Kementerian Agama, Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Selatan serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Aceh Selatan sebagai lembaga pemantau yang independen.(*)

Hebat, Video Anak-Anak TK di China Main Game Dribble Bola Basket, Kompak dan Penuh Kerja Sama

396 CPNS Bireuen Ikut Seleksi SKB pada Jadwal dan Tempat Berbeda, Ini Penjelasannya

Remaja Ini Pasrah Kehilangan Sahabatnya, Meninggal Usai Selamatkan 2 Rekannya yang Nyaris Tenggelam

VIDEO Kisruh Stiker BBM Bersubsidi di Aceh, Ustaz Masrul Aidi: “Mencemooh Harga Diri

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved