Breaking News:

Rohingya Terdampar di Lhokseumawe

Tim Rapid Ambil Sampel Darah Ratusan Pengungsi Rohingya di BLK Lhokseumawe, Hasilnya Keluar Besok

Namun begitu, terang dr Said, tim tidak melakukan tes cepat di lokasi, tapi hanya sekedar mengambil sampel darah dari para pengungsi Rohingya.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Pengungsi Rohingya menjalani rapid test. 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Sebanyak 296 pengungsi etnis Rohingnya yang terdampar di pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe, Senin (9/7/2020) sore, diambil sampel darah untuk dirapid test.

Kegiatan rapid test terkait Covid-19 ini dilakukan pihak IOM bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, dan Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Lhokseumawe, dr Said Alam Zulfikar mengatakan, tim rapid test langsung datang ke lokasi penampungan pengungsi Rohingya di BLK Kandang, Lhokseumawe.

Namun begitu, terang dr Said, tim tidak melakukan tes cepat di lokasi, tapi hanya sekedar mengambil sampel darah dari para pengungsi Rohingya.

Selanjutnya, sampel darah akan dibawa ke Rumah Sakit Kesrem Lhokseumawe untuk diperiksa, apakah reaktif Covid-19 ataupun nonreaktif.

Begini Kondisi 296 Imigran Rohingya yang Terdampar di Lhokseumawe

VIDEO Imigran Rohingya Jalani Rapid Test, Seorang Wanita Dilarikan ke RS Karena Mulut Berbusa

Enam Wanita Imigran Rohingya Diduga Telah Kabur dari BLK Lhokseumawe

"Mungkin besok baru ada hasil rapid test untuk semua pengungsi Rohingya tersebut," pungkas dr Said Alam Zulfikar.

Sebagaimana diketahui, para imigran asal Myanmar ini menaiki sebuah kapal kayu dan telah mendarat di kawasan pinggir pantai Ujong Blang padapukul 01.00 WIB, Senin (7/9/2020) dini hari.

Warga etnis Rohingya itu berjumlah 295 orang. Terdiri dari pria dewasa berjumlah 100 orang, anak-anak berjumlah 14 orang, dan wanita dewasa berjumlah 181 orang.

Amatan Serambinews.com pada Senin pagi sekira pukul 9.30 WIB, para imigran tersebut sebagian merebahkan diri karena kelelahan.

Sebagian lagi dalam posisi duduk. Warga yang merasa kasian sebagian memberikan makanan ringan seperti roti. Petugas TNI dan Polri berjaga secara ketat di lokasi.

VIDEO Unik! Pria ini Miliki Helm Iron Man Sekaligus Jarvis, Bisa Patuhi Perintah

Keuchik Pastikan Rosmawati Ibu Kandung Zulfa Husna, Masih Tercatat Sebagai Warganya Sesuai NIK

VIDEO - Balita Ini Menangis Saat Alquran di Tangannya Diganti Gadget

Kemudian, para imigran ini telah diberikan masker, untuk antisipasi paparan virus corona. Pada siang harinya, para para pengungsi tersebut dipindahkan ke BLK Kandang yang juga menjadi tempat penampungan pengungsi Rohingya yang terdampar pada Juni 2020 lalu.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved