Breaking News:

Berita Aceh Barat Daya

Sempat Tegang, Hanya 4 Anggota Keluarga Pasien Covid-19 Meninggal di Abdya yang Diambil Sampel Swab

Pengambilan sampel swab terhadap anggota keluarga pasien Covid-19 yang telah meninggal dunia di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya (Abdya), sempat

SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Seorang pasien positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dari salah satu desa di Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya meninggal dunia. 

Laporan Zainun Yusuf| Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE- Pengambilan sampel swab terhadap anggota keluarga pasien Covid-19 yang telah meninggal dunia di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya (Abdya), sempat diwarnai ketegangan, Rabu (16/9/2020),

Soalnya, anggota keluarga dari almarhumah A (37) tidak bersedia diambil sampel swab (pengambilan cairan tenggorokan) dengan alasan tidak mengalami gejala apa-apa, meskipun terjadi kontak erat dengan almarhumah.

Perempuan A (37), warga salah desa di Kecamatan Babahrot, meninggal dunia di Ruang Isolasi Khusus (RIK) RSUTP Abdya, Kamis (3/9/2020) lalu, ketika yang bersangkutan berstatus PDP atau probable (mirip terpapar Corona).

Sedangkan hasil pemeriksaan swab PCR dinyatakan A Positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-1), baru keluar setelah beberapa hari A meninggal dunia.

Dikarenakan, belum ada kepastian positif saat itu, maka pihak keluarga tetap melaksanakan fardhu kipayah terhadap jenazah A seperti biasa.

Hasil tracking atau pemetaan yang dilakukan petugas kesehatan bekerja sama dengan Anggota Muspika Babahrot, terdata 13 anggota keluarga dari almarhumah A yang harus diambil sampel swab karena terjadi kontak erat.

Akan tetapi pengambilan swab yang dilaksanakan, Rabu tadi, hanya berhasil mengambil sampel terhadap 4 orang anggota keluarga almarhumah. Itu pun sempat terjadi ketegangan karena mereka menolak.

“Hanya 4 anggota keluarga almarhumah A yang bisa diambil sampel swab,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya, Safliati SST MKes dihubungi Serambinews.com, Rabu (16/9/2020).

Sedangkan anggota keluarga yang lain bersikeras tidak bersedia diambil swab dengan alasan tidak mengalami gejala apa-apa, dan ada pula anggota keluarga tidak berada di tempat.

Halaman
123
Penulis: Zainun Yusuf
Editor: M Nur Pakar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved