Breaking News:

Latihan Raider

Latihan, Pasukan Raider Bebaskan Sandera di Kantor Gubernur Aceh, Anggota KKB Tewas

Diketahui, peristiwa itu terjadi akibat terkikisnya pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada meningkatnya kasus krim

SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Prajurit Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya yang dikerahkan dalam simulasi pembebasan seorang sandera di Kantor Gubernur Aceh, Jumat (9/10/2020). 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekitar pukul 09.00 WIB pasukan tempur Batalyon Infanteri Raider 112/Dharma Jaya melakukan aksi pembebasan sandera di Kantor Gubernur Aceh, Banda Aceh, Jumat (9/10/2020).

Diketahui, peristiwa itu terjadi akibat terkikisnya pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 yang berdampak pada meningkatnya kasus kriminalitas di kalangan masyarakat dan mengancam keamanan wilayah.

Imbasnya, para kelompok kriminal bersenjata (KKB) melakukan aksi-aksi anarkis, sehingga menimbulkan keresahan masyarakat, bahkan menculik, menyandera, serta mengancam keselamatan pejabat pemerintah.

Dalam situasi yang genting itu, Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Hassanudin SIP MM memerintahkan Danyonif Raider 112/Dharma Jaya untuk melaksanakan operasi pembebasan sandera yang dilakukan KKB di Kantor Gubernur Aceh.

Suami Penggal Kepala Istri dan Bawa Potongan Kepala ke Kantor Polisi, Videonya Viral

Jokowi Akhirnya Tanggapi UU Cipta Kerja, Klaim untuk Atasi Pengangguran, Persilakan Gugat ke MK

Rumah Warga Sawang, Aceh Utara yang Terbakar Ternyata Milik Kepala Dusun, Ini Indetitasnya

Tak butuh waktu lama, Danyonif Raider 112/DJ, Letkol Inf Syarifuddin Liwang SIP melaksanakan perencanaan dan persiapan untuk operasi tersebut.

Tim pembebasan sandera langsung dibentuk. Danyonif Raider 112/DJ membentuk dua tim, yakni pasukan tim darat dan udara dengan melibatkan 52 prajurit.

Selain prajurit, Danyonif Raider 112/DJ juga turut mengerahkan masing-masing dua unit kendaraan taktis (Rantis) pertempuran jarak dekat (PJD) dan kendaraan tempur (Ranpur) Anoa, 10 sepeda motor trail dan satu unit helikopter.

Tim udara dan darat bergerak ke Kantor Gubernur Aceh secara serentak. Saat tiba di lokasi kejadian, tim darat langsung melaksanakan serbuan dengan cepat ke sasaran.

Terjadi kontak senjata antara tim darat dan KKB saat aksi penyelematan sandera. Hasilnya, anggota KKB yang berada di pos jaga tewas akibat tembakan terukur dari pasukan elite TNI AD ini.

Halaman
12
Penulis: Subur Dani
Editor: Ansari Hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved