Breaking News:

Beasiswa

Pergunu Aceh Kirim Enam Penerima Beasiswa Kuliah di IKHAC Jawa Timur

Mahasiswa penerima beasiswa tahun ini merupakan angkatan keenam sejak pertama kali beasiswa ini digulirkan.

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Taufik Hidayat
Foto Kiriman Tgk Muslem Hamdani
Enam mahasiswa Aceh penerima beasiswa dari Pergunu Pusat untuk kuliah di Institute Kyai Haji Abdul Chalim (IKHAC) Surabaya, Jawa Timur berfoto bersama Pengurus Perganu Aceh dan Ketua PWNU Aceh,Tgk H Faisal Ali di Kantor PWNU setempat, Kamis (15/10/2020). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Aceh, tahun ini mengirim sebanyak enam mahasiswa Aceh penerima beasiswa dari Pergunu Pusat untuk kuliah di Institute Kyai Haji Abdul Chalim (IKHAC) Surabaya, Jawa Timur.

Ketua Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani mengatakan, mahasiswa penerima beasiswa tahun ini merupakan angkatan ke enam sejak pertama kali beasiswa ini digulirkan.

"Setiap tahun Pergunu Aceh mengirim mahasiswa penerima beasiswa kuliah di IKHAC. Hingga angkatan ke enam ini kita sudah mengirim sebanyak 41 mahasiswa penerima beasiswa baik program sarjana maupun magister," ujar Tgk Muslem Hamdani seusai mengantarkan para mahasiswa ke Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Kamis (15/10/2020).

Tgk Muslem Hamdani yang sedang menempuh studi Doktoral di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini menambahkan, Pergunu Aceh tahun ini mengirim tiga penerima beasiswa S1 dan tiga penerima beasiswa program magister.

"Mereka ini lulus seleksi yang kita selenggarakan dua bulan lalu. Kita harapkan mereka dapat sabar dalam menjalani perkuliahan sehingga ke depan perbendaharaan intelektual Islam di Aceh akan semakin dominan," ujar Tgk Muslem didampingi Sekretaris Pergunu Aceh T Mahyuddin Helmi.

Mahyuddin Helmi menambahkan bahwa beasiswa yang diberikan adalah beasiswa penuh baik berupa makan harian, asrama, dan biaya perkuliahan.

Sebelumnya, para mahasiswa ini terlebih dahulu mengikuti prosesi peusijuek (tepung tawari) yang berlangsung di Kantor Pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Aceh yang dilakukan oleh Tgk H Faisal Ali selaku ketua organisasi tersebut.

Dalam sambutannya, Tgk H Faisal Ali meminta para mahasiswa untuk sabar dalam menuntut ilmu. Menuntut ilmu, khususnya ilmu agama, masuk dalam kategori hadis Rasulullah Saw “siapa saja yang dikehendaki oleh Allah Swt kebaikan baginya, maka Allah berikan pemahaman agama baginya”.

“Jadi kalau kita betul-betul komitmen di jalan menuntut ilmu, maka saat itu jalan kita sudah tepat untuk meraih ridha Allah Swt, “ kata ulama yang akrab disapa Abu Sibreh ini.

Jadi, tambah Abu Sibreh, siapa saja yang diberikan kesempatan dan kemudahan oleh Allah SWT untuk menuntut ilmu, maka gunakanlah kesempatan itu sebaik-baiknya.

Dalam sambutannya, Abu Sibreh yang juga wakil Ketua MPU Aceh ini mengharapkan agar para mahasiswa Aceh yang belajar di IKHAC Pacet Surabaya dapat menjaga nama baik NU Aceh, nama baik Pergunu Aceh dan juga khususnya nama baik Aceh.(*)

Baca juga: Beginia Cara Migran Rohingya Belajar Bahasa Indonesia, dari Mengenal Alfabet & Angka hingga Mengeja

Baca juga: Rahasia Keistimewaan Puasa Senin Kamis Terkuak, Ini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Baca juga: Ditangkap dan Jadi Tersangka, Ini Peran dan Kesalahan 3 Deklarator KAMI Menurut Polisi

Baca juga: Prabowo Bertemu Menhan Amerika Serikat di Pentagon, Bahas Masalah Keamanan hingga Militer

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved