Breaking News:

Pelayanan Publik

Urus JKN-KIS Tetap Bisa dari Rumah melalui Layanan Online Pandawa

Sebab pelayanan BPJS Kesehatan tetap dapat diakses dari rumah melalui kanal layanan aplikasi perpesanan Whatsapp atau Pandawa, khusus untuk masyarakat

Penulis: Mawaddatul Husna | Editor: Ansari Hasyim
Foto/BPJS Kesehatan Banda Aceh.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, dr Neni Fajar bersama Direktur RSPUR Banda Aceh, dr Nanang Sugiarto MARS sedang melakukan peninjauan kesiapan antrian online terkoneksi aplikasi mobile JKN di handphone, di rumah sakit setempat, Senin (13/1/2020). 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - BPJS Kesehatan terus berupaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada peserta JKN-KIS terutama dimasa pandemi Covid-19 ini.

Salah satunya dengan pelayanan tanpa tatap muka melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar dalam keterangan tertulis yang diterima Serambinews.com, Kamis (15/10/2020) mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk pengurusan kepesertaan JKN-KIS dimasa pandemi ini tanpa harus mendatangi tempat-tempat keramaian.

Sebab pelayanan BPJS Kesehatan tetap dapat diakses dari rumah melalui kanal layanan aplikasi perpesanan Whatsapp atau Pandawa, khusus untuk masyarakat di wilayah Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Pidie dan Pidie Jaya dapat mengakses layanan melalui nomor Whatsapp 0852 1091 3657.

Baca juga: Terobosan Baru! Warga Laporkan Kejahatan via Facebook, Polisi Ciduk 2 Pengedar Sabu di Rumah Kosong

Baca juga: Polisi Diduga Tembak Pengunjung Kafe, Korban Luka Tembak di Pundak, Propam Diminta Proses Pelaku

Baca juga: VIDEO Polres Pidie Bongkar Prostitusi Anak di Bawah Umur, Mucikari dan Dua Pelanggan Ditangkap

Untuk pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan sendiri, Neni mengungkapkan sudah menerapkan protokol kesehatan dengan kewajiban memakai masker, pengecekan suhu tubuh, cuci tangan sebelum memasuki Kantor BPJS Kesehatan, serta jaga jarak satu sama lain.

Namun tujuan lain dihadirkan kanal layanan tersebut adalah untuk melindungi keamanan peserta dengan mengurangi kontak langsung antara satu sama lain dan mengurangi timbulnya keramaian sehingga terputusnya mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Ia menyampaikan pilihan layanan yang dapat diakses melalui Pandawa adalah mulai Senin sampai Jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

Sejumlah layanannya yaitu daftar baru, tambah anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji, ubah Faskes Tingkat Pertama (FKTP), penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, pengaktifan kembali kartu dan penonaktifan PBI/JKA.

"Artinya setelah peserta menghubungi nomor Whatsapp Pandawa maka akan diarahkan untuk mengisi format serta memilih layanan yang diinginkan,” jelas Neni.

Neni menyebutkan jumlah orang yang mengakses layanan melalui Pandawa per harinya mencapai 80 orang hampir sama dengan jumlah yang melakukan pelayanan tatap muka pada saat sebelum penerapan layanan Pandawa yang mencapai 100 orang per harinya.

Rachmah, salah satu peserta JKN-KIS yang melakukan pelayanan ubah jenis kepesertaan menjadi peserta segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) PNS melalui Pandawa menyampaikan kepuasannya dengan layanan tersebut, karena pelayanannya sangat cepat dan tepat serta dapat diakses dimana saja termasuk di rumah.

“Pelayanan PANDAWA ini sangat bagus sekali, responnya sangat cepat tanpa perlu mengantre karena dapat diakses di rumah. Kemudian dalam melengkapi persyaratan serta pengisian format yang diberikan sangat mudah, karena terlebih dahulu diinformasikan dengan jelas persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Jikapun Insya Allah pandemi ini berakhir semoga kanal layanan ini tetap dipertahankan sebab mempermudah sekali,” harap Rachmah.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved