Breaking News:

Berita Aceh Besar

Berbekal Ilmu dari Pusdikter TNI AD, Babinsa Koramil 10/Peukan Bada Bina Peternak Sapi Lokal

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Peukan Bada Kodim 0101/BS, Sertu Hesdin, membantu masyarakat menyukseskan usaha penggemukan sapi di....

Penulis: Misran Asri | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Babinsa Koramil 10/Peukan Bada, Sertu Hesdin memberi pembinaan untuk menyukseskan usaha penggemukan sapi di Gampong Lam Hasan, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (18/10/2020). 

Laporan Misran Asri | Aceh Besar

 

SERAMBINEWS.COM, JANTHO – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Peukan Bada Kodim 0101/BS, Sertu Hesdin, membantu masyarakat menyukseskan usaha penggemukan sapi di Gampong Lam Hasan, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, Minggu (18/10/2020).

Pengetahuan Sertu Hesdin memberikan pengetahuan kepada masyarakat di Lam Hasan, berbekal ilmu dan pelajaran yang pernah didapatkan dari Pusat Pendidikan Teritorial (Pusdikter) TNI AD pada 2017 lalu, tentang teknis penggemukan sapi.

“Kami berupaya mengaplikasi ilmu yang pernah kami peroleh sebelumnya di Pusdikter TNI AD untuk berbagai dengan masyarakat dalam menyukseskan usaha penggemukan sapi,” kata Sertu Hesdin.

Ia menerangkan permintaan pasar terhadap ketersediaan daging sapi lokal sangat tinggi dan itu menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk mengambil bagian di sektor tersebut, sehingga masih banyak ditemukan masyarakat yang menggeluti usaha penggemukan sapi lokal, terangnya.

Babinsa Sertu Hesdin pun memberikan masukkan kepada peternak hal-hal yang perlu dilakukan serta langkah apa saja yang perlu dan penting diperhatikan guna menjaga supaya ternak tetap sehat serta cepat gemuk.

Baca juga: Gencata Senjata Tak Bertahan Lama, Azerbaijan dan Armenia Kembali Saling Gempur

Baca juga: Aceh Besar Keluar dari Zona Merah, PBM Sistem Luar Jaringan Ditingkatkan Jadi Dua Jam

Baca juga: Satu Siswi SMA Tewas Setelah Tenggak Racun, Diduga Stres karena Tugas Daring, Videokan Aksinya

"Dengan pemberian pakan hijau yang dikombinasikan dengan pakan konsentrat yang teratur, peningkatan bobot ternak akan cepat meningkat" pungkas Sertu Hesdin.

Peternak sapi, Mustafa mengungkapkan bahwa selama ini masyarakat masih menemui banyak kendala di usaha penggemukan sapi. Kendala dimaksud, terutama masalah bibit unggul hingga pemilihan kombinasi pemberian pakan yang tepat pada ternak.

"Kami dan masyarakat mungkin pada umumnya selama ini masih menggunakan pola lama dan metode tradisional," ungkap Mustafa.

Menurut Mustafa, banyak hal yang perlu diperbaiki untuk dapat meningkatkan produktifitas daging di peternakan masyarakat, sehingga dirasa perlu adanya berbagai kegiatan penyuluhan serta pendampingan secara rutin kepada peternak lokal yang ada. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan tambahan pendapatan perekonomian bagi masyarakat.

“Kami dan masyarakat kami merasa sangat terbantu, ucapan terima kasih kami khususnya kepada Sertu Hesdin sebagai Babinsa Koramil 10/Peukan Bada dan bapak-bapak TNI umumnya yang sudah banyak membantu dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat,” pungkas Mustafa.(*)

Baca juga: Premium Menghilang di Kepulauan Banyak, Aceh Singkil, Nelayan tak Melaut & Parkir Perahu di TPI

Baca juga: Sariawan Tak Sembuh-sembuh, Coba Cara Alami Ini dan Ketahui Penyebabnya

Baca juga: Tjut Agam: Draf Pemekaran Provinsi ABAS Sudah di Tangan Presiden

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved