Breaking News:

Haba Agraria Aceh

Kantor Pertanahan Aceh Besar Serahkan Sertifikat Hak Pakai Pulau Rusa kepada BPSPL

SHP tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Aceh Besar, Agusman, kepada Mudatstsir, Kepala BPSPL Padang di Kantor Pertanahan Aceh Besar

For Serambinews.com
Kantor Pertanahan Aceh Besar Serahkan Sertifikat Hak Pakai Pulau Rusa ke BPSPL 

SHP tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Aceh Besar, Agusman, kepada Mudatstsir, Kepala BPSPL Padang di Kantor Pertanahan Aceh Besar, Jantho, Jumat (23/10/2020).

JANTHO, SERAMBINEWS.COM - Kantor Pertanahan Aceh Besar menyerahkan Sertifikat Hak Pakai (SHP) Pulau Rusa, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, kepada Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) wilayah Padang. 

SHP tersebut diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Aceh Besar, Agusman, kepada Mudatstsir, Kepala BPSPL Padang di Kantor Pertanahan Aceh Besar, Jantho, Jumat (23/10/2020).

BPSPL Padang merupakan koordinator wilayah kerja mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi serta Sumatera Selatan dan berkantor di Padang, Sumatera Barat.

Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui BPSPL Padang telah melakukan pengukuran bersama Kantor Pertanahan Aceh Besar untuk mengukur lahan Pulau Rusa di Samudera Hindia itu pada awal Juli 2020.

"Pengukuran lahan untuk mendapatkan sertifikasi Hak Atas Tanah (HAT) melibatkan perangkat Gampong Kareung, Aceh Besar, pemilik lahan serta para saksi-saksi," ujar Agusman.

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Surati PT Socfindo Terkait Limbah, Begini Respon Perusahaan

Baca juga: VIDEO - Viral Perjuangan Mama Muda Jaga Anak Sambil Menjahit Pakaian, Buah Hati Sampai Tertidur

Baca juga: Pemkab Nagan Raya Bekukan Sementara Izin PMKS Raja Marga Terkait Limbah, Ini Penjelasan Perusahaan

Saat pengukuran, pihak Kantor Pertanahan Aceh Besar bersama tim yang telah dibentuk juga memverifikasi dokumen tanah hibah sesuai dengan tanda batas atau patok yang telah dipasang.

Kemudian dituang dalam surat permohonan Hak Pakai Atas Tanah di Pulau Rusa seluas 1.000 M².

Agusman menambahkan, seluruh dokumen asli berkaitan sertifikasi tanah hibah Pulau Rusa dan permohonan keringanan biaya untuk proses pembuatan HAT gratis atau tarif Rp 0.

Begitu juga terkait pengurusan permohonan penerbitan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Begitu pula dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pulau Rusa, Aceh Besar ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Besar telah juga dilakukan sebelum Sertifikat Hak Pakai dikeluarkan Kantor Pertanahan Aceh Besar. (*)

Editor: Mursal Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved