Breaking News:

Berita Luar Negeri

Tank T-72B3 versi Baru Makin Ngeri, Rusia Siap Terjunkan ke Medan Tempur 

Tank tempur utama milik militer Rusia, yakni T-72B3, baru saja selesai melalui tahap pembaruan dan telah siap diterjunkan untuk bertugas

Editor: Muhammad Hadi
AFP/MLADEN ANTONOV
Tank-tank Rusia berparade di akhir latihan militer Vostok 2018 yang digelar di dekat perbatasan China. (AFP/MLADEN ANTONOV) 

SERAMBINEWS.COM - Tank tempur utama milik militer Rusia, yakni T-72B3, baru saja selesai melalui tahap pembaruan dan telah siap diterjunkan untuk bertugas.

Peluncuran kembali tank T-72B3 medan laga diumumkan langsung oleh produsen pertahanan Uralvagonzavod pada hari Kamis (5/11/2020) waktu setempat, seperti dikutip dari TASS.

"Uralvagonzavod telah mengirim sejumlah tank T-72B3 yang ditingkatkan kemampuannya ke Kementerian Pertahanan Rusia," ungkap perusahaan yang merupakan bagian dari perusahaan milik negara, Rostec.

Lebih lanjut, Uralvagonzavod menjelaskan bahwa tank T-72B3 teah menerima mesin baru yang lebih kuat, sistem kendali tembakan yang lebih canggih, kamera pengawas di bagian belakang, dan pembaruan tampilan mekanik pengemudi.

Baca juga: Amerika Serikat Berencana Jual 18 Drone Canggih ke Uni Emirat Arab

Perusahaan tersebut juga menjelaskan bahwa saat mengembangkan tank T-72, pakar mengintegrasikan potensi peningkatan substansial yang secara aktif digunakan saat ini. 

Baca juga: Satu Anggota TNI Gugur di Papua, Kontak Tembak Terjadi Saat Patroli di Kampung Titigi

Peningkatan tersebut telah mencakup semua sistem, meningkatkan kemampuan manuver kendaraan dan meningkatkan daya tembak dan perlindungan mereka, termasuk perisai lapis baja.

Pembaruan tank T-72B3 dilakukan di bawah rencana Kementerian Pertahanan Rusia, yang menghendaki tank tempur utama mereka menjalani  perombakan besar-besaran dan ditingkatkan ke level T-72B3.

Baca juga: Setelah Nova Iriansyah Sudah Dilantik Sebagai Gubernur Aceh, Bagaimana Posisi Wakil Gubernur?

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya baru saja menerima usulan dari para pakar dalam gelaran International Army Games untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan tank T-72.

Usulan tersebut akhirnya melahirkan modifikasi ke tank T-72B3M yang unggul dari tank negara lain dalam beberapa aspek.

Saat ini Rusia berencana meningkatkan kemampuan semua tank T-72 mereka untuk menyesuaikan diri dalam beragam situasi pertempuran.

Baca juga: Parah, Pengedar Narkoba Jadikan Istri Kedua dan Keempat Sebagai Pengedar Sabu

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Militer Rusia siap terjunkan tank T-72B3 versi baru medan tempur

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved