Breaking News:

Tips Kesehatan

Bunda, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Saluran ASI Tersumbat Saat Menyusui

Saluran susu yang tersumbat jika tidak ditangani dapat menyebabkan peradangan pada payudara yang menyebabkan nyeri payudara & pembengkakan.

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Muhammad Hadi
Thinkstockphotos
Ilustrasi ibu menyusui 

SERAMBINEWS.COM - Payudara mengandung kantung kecil yang disebut kelenjar susu yang menghasilkan ASI setelah melahirkan.

ASI mengalir dari kelenjar susu melalui tabung yang disebut saluran susu, juga disebut saluran laktiferus dan keluar dari payudara melalui lubang kecil di puting ke bayi Anda saat Anda sedang menyusui.

Ketika bayi Anda menyusu ke payudara dengan benar saat menyusui, gerakan lidah dan gusi bayi membantu menekan ASI keluar dari payudara, sehingga bayi Anda bisa menyusu.

Melansir dari Boldsky, berikut ini beberapa penyebab dan cara mengatasi saluran ASI tersumbat saat menyusui:

Apa Itu Saluran Susu Tersumbat?

Sebagian besar ibu menyusui pernah mengalami tersumbatnya saluran ASI.

Saluran susu yang tersumbat adalah benjolan keras dan lunak yang berkembang di saluran susu yang sempit di payudara Anda.

Baca juga: Video Panas 19 Detik Mirip Gisel Viral di Medsos, Mbah Mijan Angkat Bicara dan Ucapkan Terima Kasih

Anda bisa merasakan benjolan kecil dan lembut di payudara Anda, yang dapat menyebabkan pembengkakan, kemerahan, dan nyeri di area tempat benjolan tersebut berkembang.

Baca juga: 11 Gejala Diabetes Pada Anak dan Remaja, Orang Tua Patut Waspadai

Saluran susu yang tersumbat jika tidak ditangani dapat menyebabkan mastitis, peradangan pada payudara yang menyebabkan nyeri payudara, pembengkakan, kemerahan dan kehangatan dan menyebabkan gejala mirip flu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved