Breaking News:

Rektor UIN Dukung KEK Halal Barsela

Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry memberi dukungan penuh untuk terwujudnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal Barsela

DOK ISMI ACEH
Ketua ISMI Aceh, Nurchalis SP MSi (tiga kanan), menyerahkan plakat dari Ketua Umum MPP ISMI Pusat, Dr Ilham Habibie, kepada Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin Ak MA (dua kiri), seusai pertemuan di Ruang Kerja Rektor UIN, Darussalam, Banda Aceh, Senin (16/11/2020). 

* Siap Jalin Kerja Sama dengan ISMI Aceh

BANDA ACEH - Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry memberi dukungan penuh untuk terwujudnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Halal Barsela. Sebagai bentuk dukungan itu, Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Warul Walidin Ak MA, mengajak pengurus Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) Aceh untuk segera merumuskan MoU (memorandum of understanding), MoA (memorandum of action), dan RTL (rencana tindak lanjut) pembentukan KEK tersebut.

Ajakan itu disampaikan Prof Warul saat menerima kunjungan audiensi tim ISMI Aceh, di ruang kerjanya, kawasan Darussalam, Banda Aceh, Senin (16/11/2020). Delegasi ISMI Aceh terdiri atas Nurchalis SP MSi (Ketua), Hj Hasdiana (Sekretaris Umum), dan Ir Fauzi Umar (Pengurus). Hadir pula, Ir H Andi Yudhi Hendrawan MRE (Ketua Ortom KEK Halal/MPP ISMI Pusat). Dalam pertemuan itu, pembahasan difokuskan pada rencana kerja sama untuk mewujudkan KEK Halal Barsela.

Pada kesempatan itu, Nurchalis menyampaikan konsep ekonomi syariah yang akan diterapkan di KEK Halal Barsela, nanti. "UIN Ar Raniry yang sudah memiliki akademisi dan fasilitas yang memadai terkait ekonomi syariah sangat layak menjadi mitra kerja strategis KEK Halal Barsela," jelas Nurchalis, seperti disampaikan kembali dalam siaran pers kepada Serambi, Selasa (17/11/2020).

Sementara Andi Yudi Hendriawan menyampaikan salam hangat dari Ketua Umum MPP ISMI, Dr Ilham Habibie, kepada Rektor UIN Ar-Raniry. "Konsep halal yang akan diimplementasikan dalam KEK Halal Barsela tentu perlu ada pikiran bersama terutama dari kalangan akademisi UIN Ar-Raniry," ungkap Andi. Ditambahkan, banyaknya pikiran tentang ekonomi syariah dan dukungan Aceh sebagai daerah yang melaksanakan syariat Islam sangat layak menjadikan provinsi ujung barat Pulau Sumatera, ini sebagai pusat industri halal.

"Kami sangat senang atas kehadiran tim ISMI Aceh ke UIN Ar Raniry, dan kami siap berkontribusi untuk mewujudkan KEK Halal Barsela," sambut Prof Dr Warul Walidin. Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, Rektor menceritakan kiprah akademisi UIN Ar-Raniry dalam penyusunan berbagai rancangan qanun di Aceh selama ini.

"UIN Ar-Raniry melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sekarang sudah menjadi pusat kajian ekonomi Islam di Aceh. UIN juga sudah sering memberi kontribusi yang luar biasa dalam penyusunan qanun-qanun terutama qanun ekonomi syariah di Aceh," timpal Rektor.

Prof Warul juga mengatakan, investor tidak perlu takut lagi menamamkan investasinya di Aceh karena Aceh saat ini sudah sangat aman dan siap menyambut semua investor. "Aceh harus menjadi role model ekonomi halal. Apalagi, Aceh sekarang sangat aman dan siap menyambut investor apalagi yang berniat membantu terwujudnya KEK Halal Barsela," pungkas Rektor UIN Ar-Raniry.(jal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved