Breaking News:

Tata Cara Sholat Jumat, Lengkap dengan Bacaan Niat, Rukun hingga Keutamaannya

Sholat Jumat merupakan ibadah fardu atau wajib yang dilaksanakan secara berjamaah bagi lelaki Muslim setiap hari Jumat

ANTARA FOTO/Ampelsa/wsj.
Jamaah mendengarkan khotbah Jumat sambil menerapkan jaga jarak dan memakai masker sebelum Shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Jumat (20/11/2020). Hasil rapat koordinasi ulama dan umara di Aceh menyepakati masjid sebagai pusat edukasi dalam pencegahan dan penyebaran COVID-19 serta meminta para dai, khatib dan imam masjid/meunasah dalam berbagai kesempatan memberikan nasihat dan bimbingan kepada warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. 

SERAMBINEWS.COM  - Sholat Jumat merupakan ibadah fardu atau wajib yang dilaksanakan secara berjamaah bagi lelaki Muslim setiap hari Jumat yang menggantikan Sholat Zuhur.

Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim mukallaf meninggalkan Sholat Jumat tanpa adanya uzur syar’i.

Adapun hukum melaksanakan Sholat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap muslim laki-laki yang sudah baligh dan berakal, sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits.

"Wahai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, dan itu lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui," (Al Jumu'ah 62:9).

"Hendaklah orang-orang itu berhenti dari meninggalkan shalat Jumat atau kalau tidak, Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka akan menjadi orang yang lalai." (HR. Muslim)

Baca juga: Jumat Terakhir Bulan Safar, Berikut Daftar Tata Laksana Shalat Jumat 16 Oktober 2020 di Banda Aceh

Baca juga: Perempuan yang Lompat ke Laut Ulee Lheue Ternyata Ditinggal Suami ke Luar Negeri

"Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) shalat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan shalat Jumat." (HR. Muslim)

"Shalat Jumat itu wajib bagi tiap-tiap muslim, dilaksanakan secara berjama`ah terkecuali empat golongan, yaitu hamba sahaya, perempuan, anak kecil dan orang yang sakit." (HR. Abu Daud dan Al-Hakim, hadits shahih)

Hal-hal yang Dianjurkan Sebelum dan Sesudah Sholat Jumat

Pada Sholat Jumat, setiap muslim dianjurkan untuk memperhatikan hal- hal berikut :

- Mandi, berpakaian rapi, memakai wewangian dan bersiwak (menggosok gigi).

Halaman
1234
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved