Breaking News:

Berita Aceh Tenggara

BPBD Aceh Tenggara Bangun Jembatan Darurat di Pedalaman Leuser

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, membangun  jembatan darurat di lokasi jalan putus di Desa Gajah Mati  Kecamatan Leuser...

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Mohd Asbi ST MM. 

Laporan Asnawi Luwi |Aceh Tenggara

SERAMBINEWS.COM, KUTACANE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, membangun  jembatan darurat di lokasi jalan putus di Desa Gajah Mati, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara.

"Hari ini enam batang kelapa dibawa ke pedalaman Leuser untuk dijadikan jembatan alternatif agar kenderaan bisa melintas,"ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara, Mohd Asbi ST MM kepada Serambinews.com, Minggu (6/12/2020).

Kata dia, di lokasi itu mereka siapkan alat berat jenis excavator untuk  bekerja menyiapkan pondasi darurat di lokasi jalan putus. Karena, jalan yang putus tersebut dibawahnya ada gorong-gorong. Jadi, kita buatkan pondasi dari bebatuan kemudian diatasnya kita buatkan pohon kelapa enam batang agar warga bisa melintas menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Menurut dia,  rencananya, hari ini dituntaskan pembangunan jembatan darurat dan pihaknya telah perintahkan staf untuk bekerja lembur agar jembatan itu secepatnya selesai. Kemungkinan, paling lambat Senin (7/12/2020) jembatan tersebut sudah bisa berfungsi sehingga delapan desa yang sempat terisolir bisa bebas beraktivitas karena jembatan darurat itu telah disediakan.

Lanjutjya, sebelumnya, mereka sempat sehari tidak bekerja menangani bencana longsor bebatuan dan jalan putus di Leuser karena kehabisan stok BBM. Hal ini, akibat akses jalan dari Sumatera Utara juga longsor sehingga mobil BBM tidak masuk.

Menurut dia,  jalan putus milik Provinsi Aceh di pedalaman Leuser telah mereka koordinasikan dengan PUPR Aceh.  Namun, mereka belum memberi kabar kepada mereka sehingga mereka kerjakan secara darurat agar rakyat tidak susah melintas.

Ditambahnya, pihak BPBD Aceh Tenggara juga telah mengerjakan bebatuan yang longsoran di badan Jalan Desa Bintang Alga Musara. Dan, jalan yang berserakan material bebatuan tersebut telah tuntas dan kenderaan sudah bisa melintas untuk di daerah itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur Aceh Tenggara, menyebabkan sepanjang enam meter jalan Provinsi Aceh yang melintasi Desa Simpang Gajah Mati, Kecamatan Leuser, Putus diterjang air. Akibatnya, delapan desa terisolir.

Camat Leuser, Mustapa Kamal, kepada Serambi, Sabtu (5/12/2020) mengatakan, jalan provinsi di pedalaman Simpang Gajah Mati putus sepanjang enam meter dua hari yang lalu. Akibatnya, delapan desa terisolir masing-masing Kute Lawe Tawar, Gunung  Pakpak, Tuah Kekhine, Permata Musara, Lawe  Serakut, Bukit Bintang Indah, Bunbun Alas dn Bunbun Indah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved