Breaking News:

Latihan Militer

TNI AL Libatkan KRI Bung Tomo-357 Dalam Latihan Bersama dengan Kapal Perang Royal Australian Navy

TNI Angkatan Laut menggelar latihan bersama dengan Kapal Perang Royal Australian Navy (RAN) di Perairan Barat Kepulauan Anambas.

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Taufik Hidayat
Dok Koarmada I
TNI Angkatan Laut menggelar latihan bersama dengan Kapal Perang Royal Australian Navy (RAN) pada Selasa (8/12/2020) di Perairan Barat Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau. 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - TNI Angkatan Laut menggelar latihan bersama dengan Kapal Perang Royal Australian Navy (RAN) pada Selasa (8/12/2020) di Perairan Barat Kepulauan Anambas di Provinsi Kepulauan Riau.

Komandan Guspurla Koarmada I Laksma TNI Dato Rusman SN SE MSi, mengatakan, latihan bersama tersebut  melibatkan 1 kapal perang dari masing-masing negara.

Guspurla Koarmada I menugaskan KRI Bung Tomo-357, sedangkan RAN menugaskan HMAS Ballarat-155.

KRI Bung Tomo-357 merupakan salah satu dari tiga jenis kapal Multi Role Light Fregate (MLRF) yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Kapal perang jenis korvet ini memiliki berat 1,941 Ton.

Sedangkan HMAS Ballarat-155 merupakan kapal keenam dari delapan fregat Anzac Class yang dibangun oleh Tenix Defense Systems di Williamstown, Victoria untuk Royal Australian Navy

Ballarat merupakan kapal fregat yang memiliki jelajah jarak jauh dan mampu melakukan pertahanan udara, peperangan permukaan dan bawah laut, pengawasan serta pengintaian dengan teknologi Radar Array yang dirancang oleh CEA Technologies di Canberra dan peningkatan ke sistem tempur yang dilakukan oleh Saab Systems di Australia Selatan serta desain integrasi platform oleh BAE Systems di Victoria.

Baca juga: Mengenal 6 Tersangka Kasus Kerumunan di Petamburan: Habib Rizieq, Sobri Lubis hingga Habib Idrus

Baca juga: VIRAL Dulu Saling Membenci, Kini Saling Mencintai, Gadis Sebut Dilamar Pria Paling Dibenci

Baca juga: 5 Contoh Surat Resign Kerja, Cocok Bagi Anda yang Ingin Mengundurkan Diri Secara Profesional & Benar

Baca juga: Mahasiswa Gelar Pawai Obor di Lhokseumawe, Desak Pemerintah Usut Tuntas Kasus Pelanggaran HAM

Latihan bersama yang menggunakan metode passing exercise (passex) diawali dengan Rendezvous (RV) dilanjutkan melaksanakan latihan komunikasi menggunakan isyarat bendera (flaghoist) yang dipimpin KRI Bung Tomo-357

Latihan dilanjutkan latihan RAS Approach (RASAP) yang merupakan prosedur manuver dalam pemindahan logistik antarkapal ketika berlayar.

Materi latihan dilanjutkan dengan manuver taktis/tactical manuver yang dipimpin KRI Bung Tomo-357 dan diakhiri dengan salam perpisahan (farewell pass).

Pada latihan ini HMAS Ballarat-155 melintas jarak 100 yard di lambung Kanan KRI Bung Tomo-357 dan saling melaksanakan penghormatan mengkahiri gelar latihan bersama.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, SE, mengatakan Passing Exercise Ini dilakukan dalam rangka latihan bersama dengan Royal Australian Navy

“Latihan ini merupakan wujud peran TNI AL dalam diplomasi militer, yang salah satunya diwujudkan dengan menggelar latihan bersama dengan negara sahabat,” terang Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K SE, dalam keterangan tertulis kepada Serambinews.com, Rabu (9/12/2020).

Dimana, sambung Abdul Rasyid, dengan terlaksananya latihan passing exercise seperti ini, diharapkan dapat mempererat hubungan internasional, mempertahankan dan meningkatkan hubungan persahabatan antara Indonesia-Australia, khususnya antara TNI AL-RAN.(*)

Baca juga: Wali Nanggroe Sambangi Sumut dan Tamiang, Bahas Tapal Batas & Lahan Eks Kombatan hingga Soal Sungai

Baca juga: VIDEO - Berpisah Sejak Kecil, Ayah Menangis Saat Bicara dengan Anak Lewat HP

Baca juga: VIRAL Sebelum Hembuskan Napas Terakhir Setelah Terlindas Truk, Gadis Ini Beri Isyarat dan Pesan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved