Breaking News:

Berita Politik

PNA Usung Kader Partai Aceh Sebagai Cawagub, Tiga Nama Calon Pendamping Nova Mencuat

Surat tersebut baru diketahui Serambinews.com pada Senin (14/12/2020). Salah satu fungsionaris PNA membenarkan surat tersebut.

FOR SERAMBINEWS.COM
PNA Irwandi Yusuf mengusulkan nama dari luar kader partai tersebut, yaitu H Muharuddin Harun, SSos, MM yang merupakan kader Partai Aceh dan mantan ketua DPRA sebagai calon wakil gubernur Aceh. 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Teka-teki tentang sosok yang diusul Partai Nanggroe Aceh (PNA) sebagai calon wakil gubernur (cawagub) Aceh sisa masa jabatan 2017-2022 terjawab sudah.

Menariknya, Surat Keputusan dengan Nomor: 521/PNA/B/Kpts/KU-SJ/XII/2020 tertanggal 7 Desember 2020, ditandatangani oleh Ketua Umum Irwandi Yusuf dan Sekjen Miswar Fuady.

Surat tersebut baru diketahui Serambinews.com pada Senin (14/12/2020). Salah satu fungsionaris PNA membenarkan surat tersebut. "Untuk sementara benar," kata salah satu sumber yang layak dipercaya.

Yang mengejutkan, PNA mengusulkan nama dari luar kader partai tersebut, yaitu, H Muharuddin Harun, SSos, MM yang merupakan kader Partai Aceh (PA), dan mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Artinya, usulan nama cawagub berasal dari PNA hasil Kongres 2017 yang diketuai Irwandi Yusuf, bukan PNA hasil Kongres Luar Biasa (KLB) yang diketuai Samsul Bahri Ben Amiren alias Tiyong.

Baca juga: Anak Bacok Ayah Kandung di Makmur Gangguan Jiwa, Tak Diproses Hukum dan Dikembalikan kepada Keluarga

Baca juga: Memilukan! Suami Bakar Diri Lalu Peluk Istri, Sempat Bertengkar di Rumah Mertua

Baca juga: Setelah Dua Hari Terendam Banjir, Jalan Elak Lhokseumawe Kini Sudah Bisa Dilintasi

Dengan munculnya nama Muharuddin, hingga saat ini tercatat sudah ada tiga nama kandidat cawagub yang diusulkan tiga dari lima partai pengusung Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada Pilkada 2017 yaitu PNA, PDA, dan PKB.

Dua nama yang lebih dulu diumumkan ke publik yaitu Ketua Umum PDA, Tgk Muhibbussabri A Wahab dan kader PKB yang juga mantan bupati Bireuen dan saat ini anggota DPR RI, H Ruslan M Daud.

Bocornya usulan PNA ini tidak lama setelah adanya pertemuan empat dari lima ketua partai politik pengusung pasangan Irwandi-Nova di Jakarta, Sabtu (12/12/2020) lalu, yang membahas cawagub.

Dalam pertemuan itu, hadir Ketua Umum DPP Partai Daerah Aceh (PDA), Tgk H Muhibbussabri A Wahab, Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh, Irmawan, Ketua DPP Partai Nanggroe Aceh (PNA) hasil Kongres Luar Biasa, Samsul Bahri Ben Amiren alias Tiyonh, dan Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Muslahuddin Daud.

Pertemuan itu minus Partai Demokrat--partainya Nova Iriansyah selaku Gubernur Aceh-- yang juga bagian dari partai pengusung. "Dalam waktu dekat akan duduk juga," kata Muslahuddin Daud kepada Serambinews.com, kemarin.

Baca juga: Dinsos dan Satpol PP Patroli Keliling Bireuen, Gepeng Menghilang, Sembilan Orang Ditangkap

Baca juga: PLN Aceh Mobilisasi Relawan Membantu Korban Banjir Aceh Utara

Baca juga: Pengusaha Pertanyakan Penyetopan Izin Galian C Kepada Gubernur Aceh

Pada kesempatan tersebut disepakati bahwa posisi wakil gubernur harus segera diisi dan idealnya cawagub berasal dari partai pengusung itu sendiri. Namun dalam kesempatan tersebut belum diputuskan nama yang akan diusung.

"Dalam pertemuan itu, kita belum bicara figur, yang penting prinsipnya posisi wakil gubernur harus ada," tegas politikus PDIP yang juga praktisi pertanian Aceh ini.(*)

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved