Breaking News:

Perdagangan Satwa Liar

11 Orangutan yang Disita di Malaysia dan Thailand Dipulangkan ke Habitatnya di Jambi dan Sumut

Berkat kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Malaysia dan Thailand, satwa terancam punah ini dapat dikembalikan ke habitat aslinya.

file Anadolu Agency
Seekor orangutan Sumatera terlihat berada dalam kandang saat tiba di Terminal Cargo Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, Indonesia pada 18 Desember 2020. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait, berhasil memulangkan 11 orangutan Sumatera (Pongo abelii) hasil dari perdagangan Ilegal yang berasal dari Malaysia dan Thailand. 

SERAMBINEWS.COM, MEDAN - Selang beberapa tahun berada di negeri orang, sebanyak 11 individu Orangutan Sumatra (Pongo Abelii) pulang kampung.

Mereka merupakan korban perdagangan ilegal yang disita petugas dari negeri jiran.

Sembilan individu di antaranya dipulangkan atau repatriasi dari Malaysia. Sedangkan dua lagi disita petugas setempat dari Thailand. Satwa langka tersebut berusia rata-rata mulai lima hingga tujuh tahun.

Repatriasi ini berawal dari penggagalan jual-beli satwa liar secara ilegal oleh otoritas kedua negeri jiran.

Setelah berkoordinasi dengan masing-masing kedutaan besar, 11 individu orangutan itu dipulangkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang pada Kamis (17/12/2020).

Mereka diangkut menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Sebelum kembali ke Tanah Air, para orangutan itu telah melalui karantina. Selama di Malaysia, sembilan individu orangutan dirawat di National Wildlife Rescue Centre, Perak.

Sedangkan dua lainnya dirawat di Khao Prathap Chang Wildlife Breeding Centre, Ratchaburi, Thailand.

Baik Malaysia maupun Thailand menyerahkan balik satwa-satwa itu ke Indonesia melalui Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur dan di Bangkok.

Ke-11 orangutan tersebut sebelumnya juga telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan, termasuk uji Covid-19. Hasilnya, semua orangutan itu dinyatakan negatif.

Baca juga: Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, Satgas Covid-19 Surati Rumah Ibadah, Begini Isinya

Baca juga: Mengerikan! Anak 14 Tahun Ini Meninggal Tergilas Truk yang Dikemudikan Ayahnya, Begini Kejadiannya

Baca juga: Bikin Syok! Ternyata Ini Penyebab Saini Tancap Gas hingga Truk Gilas Anaknya, Rupanya Bawa Pelakor

Halaman
1234
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved