Breaking News:

CPNS 2021

CPNS 2021: Ini Jadwal, Syarat Umum Hingga Formasi yang Dibutuhkan

Pihak Kementerian PANRB akhirnya mengungkapkan deretan formasi yang dibutuhkan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Editor: Amirullah
Tribunnews
Info CPNS 2021 

SERAMBINEWS.COM  - Pihak Kementerian PANRB akhirnya mengungkapkan deretan formasi yang dibutuhkan dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko memastikan, penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2021 bakal dibuka.

Ia menyebutkan terdapat beberapa formasi CPNS yang dibutuhkan. Antara lain formasi CPNS di bidang kesehatan, pendidikan, dan tenaga teknis yang akan dibutuhkan instansi pemerintahan pada tahun depan.

"Saat ini memang kami sudah menerima berbagai usulan dari instansi pemerintah (baik pusat maupun daerah). Fokusnya tetap pada jabatan-jabatan tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis yang mendukung arah prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (27/12/2020).

Kendati begitu, Teguh belum dapat memastikan pelaksanaan pembukaan pendaftaran penerimaan CPNS 2021.

Ia mengatakan, keputusan tidak membuka formasi pada 2020 memberikan kesempatan kepada pemerintah untuk kembali ke jadwal yang seharusnya dipenuhi sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017.

Baca juga: Polisi Bekuk Penadah Barang Curian Belasan Komputer Sekolah di Simeulue

Baca juga: Kronologi Pria Paruh Baya Lempar Bom Molotov di Masjid di Cengkareng, Ini Kata Polisi

"Dalam PP tersebut ditetapkan bahwa paling lambat bulan Maret setiap instansi pemerintah menyerahkan usulannya ke Menteri PANRB. Setelah memperoleh pertimbangan teknis dari BKN dan Kementerian Keuangan, maka pada bulan Mei ditentukan formasinya (kebutuhannya)," kata Teguh.

Teguh memastikan, Pemerintah hanya akan menetapkan formasi CPNS setelah dipastikan bahwa formasi itu memang benar-benar dibutuhkan dalam upaya untuk mendukung pencapaian prioritas pembangunan.

Formasi guru misalnya, dibutuhkan 1 juta guru. Seleksi untuk formasi bidang pendidikan ini akan berlangsung sebanyak 3 kali seleksi hingga mencapai jumlah kebutuhan.

"Rencananya untuk 1 juta guru yang kami akan rekrut tahun depan, direncanakan akan dilakukan dalam tiga kali seleksi atau tes," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: TribunNewsmaker
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved