Breaking News:

Otomotif

Meninggalkan Mobil dengan BBM Menipis dalam Waktu Lama Ternyata Berdampak Buruk

"Meninggalkan mobil dalam kondisi BBM yang kurang dari setengah dalam kurun waktu lama bisa membuat tangki mengalami proses kondensasi."

KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Ilustrasi pengisian BBM mobil. 

"Bila sudah lembap, selanjutnya proses kondensasi bisa cepat terjadi. Hal tersebut lantaran udara penyebab pengembunan juga makin banyak di dalam tangki, terlebih bila suhunya turun terus."

SERAMBINEWS.COM - Meninggalkan mobil dalam waktu lama dengan kondisi BBM di dalam tangki yang menipis ternyata bisa berakibat pada kerusakan mesin. Karenanya, kebiasaan itu harus diubah demi menjaga kehandalan kendaraan Anda.

Banyak pemilik mobil yang mungkin tidak menyadari kalau kebiasaan yang mereka lakukan selama ini ternyata salah. Secara logika mungkin mereka berpikir, ketika mobil parkir di garasi dalam waktu lama, untuk apa tangki terisi penuh. 

Nah, bagi pemilik mobil yang berencana meninggalkan mobilnya dalam waktu lama sudah harus melakukan kebiasaan baru, ada baiknya BBM mobil diisi penuh, atau minimal setengahnya.

Baca juga: Menteri Pertanian Apresiasi Huler Kopi Berjalan Produk Arul Latong Aceh Tengah

Menurut Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, meninggalkan mobil dalam kondisi BBM yang kurang dari setengah dalam kurun waktu lama bisa membuat tangki mengalami proses kondensasi.

"Bila isi BBM hanya lima liter atau kurang dari setengah, menyebabkan ruang kosong di tangki semakin besar. Semakin banyak ruang kosong, semakin besar proses pembentukan air dari udara atau pengembunan yang memungkinkan air bercampur dengan bahan bakar," ucap Anjar kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Tabuhan Drum Mursil Tandai Peresmian Pasar Kuliner Malam di Kualasimpang

Menurut Anjar, banyaknya ruang kosong pada tangki akibat BBM yang kurang dari setengah bisa menyebabkan terjadinya kelembapan. Terlebih, kasusnya mobil tidak digunakan berhari-hari.

Bila sudah lembap, selanjutnya proses kondensasi bisa cepat terjadi. Hal tersebut lantaran udara penyebab pengembunan juga makin banyak di dalam tangki, terlebih bila suhunya turun terus.

"Proses pengembunan memang ada di tangki, tapi kalau sering dibiarkan kosong (tangki) areanya makin besar. Otomatis potensi kandungan air dari proses kondensasi juga tinggi," ucap Anjar.

Baca juga: TKSK Aceh Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Aceh Utara dan Aceh Timur

"Dampak dari air yang tercampur akan membuat performa mesin mobil menjadi bermasalah. Mulai dari tarikan yang berat, busi pincang, sampai mesin yang mati," kata dia.

Karena itu, sebisa mungkin mengisi bensin dalam kondisi full tank, atau sekurang-kurangnya setengah dari tangki guna menekan banyaknya ruang kosong. (Nasir Nurdin/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Ditinggal Berlibur, Jangan Lupa Isi BBM Penuh bila Tak Mau Rugi

Editor: Nasir Nurdin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved