Breaking News:

Destinasi Wisata Aceh Tengah

Bur Telege Kini Punya Tugu, Kios Souvenir dan Panggung Seni

Fasilitas yang baru dibangun itu adalah tugu Bur Telege dengan ornamen kerawang Gayo, dua kios souvenir, jalur pejalan kaki dan panggung seni.

Penulis: Fikar W Eda | Editor: Taufik Hidayat
For Serambinews.com
Tugu Bur Telege, dibangun oleh Bank Indonesia 

Laporan Fikar W Eda | Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON - Kawasan wisata di Aceh Tengah,  Bur Telege Takengon, makin keren karena telah dikengkapi berbagai fasilitas pendukung yang nyaman bagi pengunjung.

Fasilitas-fasilitas yang baru dibangun itu adalah tugu Bur Telege dengan ornamen kerawang Gayo, dua kios souvenir, jalur melingkar bagi pejalan kaki, dan panggung seni.

Pengunjung tang datang ke Bur Telege dalam rangka libur akhir tahun menikmati semua fasilitas tersebut, kecuali panggung seni yang masih dalam pengerjaan.

Misriadi, Reje Kampung Hakim Bale Bujang (HBB) yang mengelola kawasan wisata tersebut mengatakan, untuk tugu dibangun oleh Bank Indonesia, panggung seni dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Tiga buah penginapan juga sedang dalam pengerjaan dengan bentuk bangunan kerucut. 

Selama pandemi Covid-19 kawasan wisata Bur Telege ikut ditutup dan baru dioperasionalkan kembali menjelang  pergantian tahun dengan penerapan protokol kesehatan.

Pengelola juga menanam kopi arabika di puncak Bur Telege dan beberapa tanaman bunga seperti dahlia dan bunga matahari. Tanaman lain adalah markisah dan alpokat yang kelak akan disajikan kepada pengunjung.

Puncak Bur Telege berada di ketinggian 1.360 meter di atas permukaan laut. Di tempat itu terdapat grafiti raksasa bertuliskan “Gayo High Land” yang bisa disaksikan dengan jelas dari kejauhan.

Dulu graffiti dibuat dari susunan pohon pinus, hingga terbaca "Tanoh Gayo." Pinus itu terbakar saat kemarau. Pemerintah Aceh Tengah lalu menggantinya dengan tulisan dari lempengan baja  ringan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved