Breaking News:

Berita Banda Aceh

MAN Model Banda Aceh Galakkan Tujuh Program Unggulan

MAN Model Banda Aceh tengah menggalakkan tujuh program unggulan guna merealisasikan visi misi madrasah agar dapat bersaing di kancah global....

Penulis: Asnawi Luwi | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Para siswa MAN Model Banda Aceh sedang mengikuti kegiatan pembinaan Olimpiade yang dilakukan secara rutin di sekolah tersebut, Selasa (12/1/2021). 

Laporan Asnawi Luwi |Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Banda Aceh sedang menggalakkan tujuh program unggulan guna merealisasikan visi misi madrasah agar dapat bersaing di kancah global.

Adapun ke tujuh program tersebut yaitu program pembinaan SBMPTN-UTBK, program kelas olimpiade, program unggul IPA, program unggul IPS, program Unggul keagamaan, program unggulan bahasa, dan program kelas inovasi.

Kepala MAN Model Banda Aceh, Nursiah SAg MPd, kepada Serambinews.com dalam rilisnya, Selasa (12/1/2021) mengatakan, para pengajar program pembinaan SBMPTN-UTBK ini merupakan hasil seleksi terbuka. Mereka terdiri dari para pengajar di Bimbingan Belajar (Bimbel) terbaik di Aceh.

Program pembinaan SBMPTN-UTBK dimaksudkan untuk melatih para siswa/i sedini mungkin agar terbiasa dengan berbagai soal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Kami melakukan open recruitment terhadap para pengajar SBMPTN-UTBK, salah satu syarat pengajar tersebut yaitu harus mempunyai pengalaman mengajar di bimbingan belajar untuk mengurangi rasa bosan para siswa," kata Nursiah.

Kelas olimpiade merupakan program unggulan MAN Model Banda Aceh untuk mendidik dan mengembangkan siswa sesuai dengan minat dan kemampuannya dengan penerapan kurikulum yang terintegrasi antara sains dan keislaman.

Para siswa kelas olimpiade diharapkan memiliki kemampuan berprikir kritis dan bernalar tinggi di bidang sains dan sosial dengan dibekali Iman dan Taqwa (IMTAQ).

Pilihan bidang studi olimpiade terdiri dari mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi.

Sedangkan kelas unggulan dirancang dengan pendekatan scientifik-holistik dengan mensinergikan antara pembelajaran sains dengan pendidikan keagamaan, academic development, sampai membangun wawasan global.

Program unggulan IPA, IPS, dan bahasa mendapatkan bimbingan tambahan seperti tes potensi akademik, bimbingan tahfizhul qur'an, dan bimbingan TOEFL. Sedangkan program unggulan keagamaan akan dibimbing tahfizhul quran serta fokus persiapan kuliah di Timur Tengah.

Tahun ini, menurut Nursiah, MAN Model Banda Aceh juga membuka prorgam kelas inovasi dengan konsep pembelajaran bilingual atau pembelajaran yang menggunakan dua bahasa sebagai media pengantar pembelajaran. Saat ini tengah proses perekrutan peserta didik baru program inovasi.

"Tenaga pengajar di kelas ini rata-rata lulusan dari luar negeri. Mereka diharapkan dapat mengajar dan membimbimbing para siswa untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris sehari-hari,"ujarnya.(*)

Baca juga: Donald Trump Tetap Berbahaya, Terus Abaikan Seruan Mengundurkan Diri

Baca juga: Terbukti Lakukan Pelecehan Seksual, Harun Yahya Dihukum 1000 Tahun Penjara

Baca juga: Mau Shalat ke Masjid, Warga Temukan Bayi Perempuan di Meja Kios Gampong Alue Dua Langsa Barat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved