Breaking News:

Fenomena Tanah Bergerak

Hasil Survei Geologi, Tanah di Gampong Lamkleng, Kuta Cot Glie Bergerak Secara Rotasional

Tim survei geologi dari Program Studi (Prodi) Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) sudah turun ke lokasi tanah bergerak

SERAMBINEWS.COM/ASNAWI LUWI
Tim Teknis Geologi Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, turun ke Gampong Lamkleng, Kecamatan Cot Glie, Aceh Besar untuk mengecek penyebab terjadinya pergeseran tanah yang semakin meluas, Rabu (13/1/2021). 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim survei geologi dari Program Studi (Prodi) Teknik Geologi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) sudah turun ke lokasi tanah bergerak di Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Rabu (13/1/2021) siang.

Tim ini terdiri atas empat dosen, satu asisten dosen, dan dua laboran teknik geologi. Tim dipimpin langsung oleh Ketua Prodi Teknik Geologi FT USK, Dr Bambang Setiawan ST, MSc.

Hasil survei tersebut pada malam ini sudah dilaporkan kepada Rektor USK, Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng.

Kemudian, rektor menginformasikan hasilnya kepada Serambinews.com di Banda Aceh.

Hasil survei tersebut diawali dengan laporan kejadian bahwa pada tanggal 10 Januari 2020 fenomena gerakan tanah terjadi di Desa Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie.

Berdasarkan informasi warga, fenomena gerakan tanah ini semakin hari semakin meningkat.

Baca juga: Penduduk Dianjurkan Mengungsi, Ini Penyebab Tanah Bergerak di Kuta Cot Glie, Aceh Besar

Realitas inilah yang mendorong sehingga pada tanggal 13 Januari 2021 Tim Teknik Geologi USK turun ke lapangan untuk melakukan survei awal dalam rangka mempelajari fenomena alam tersebut.

Berdasarkan peta geologi regional yang dibuat oleh Bennet dkk (1981), kawasan Lamkleng terbentuk dari endapan undak tua yang terdiri atas endapan lempung, lanau, pasir, dan kerikil.

Pengamatan di lapangan membuktikan bahwa endapan tanah yang bergerak di atas permukaan berupa lempung sampai dengan lempung berpasir dan kerikil.

Halaman
1234
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved