Breaking News:

Luar Negeri

Dua Hari Sebelum Masa Jabatan Berakhir, Donald Trump Akan Keluarkan 100 Keputusan Pengampunan

Dua hari sebelum masa jabatannya berakhir, Presiden AS Donald Trump dikabarkan akan mengeluarkan sekira 100 keputusan pengampunan (grasi).

AFP
Presiden AS Donald Trump Dimakzulkan 

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON – Dua hari sebelum masa jabatannya berakhir, Presiden AS Donald Trump dikabarkan akan mengeluarkan sekira 100 keputusan pengampunan (grasi).

Laman berita CNN, Senin (18/1/2021) mewartakan informasi itu berdasar tiga sumbe rberita mereka. Keputusan itu meliputi pemberian grasi kepada penjahat kerah putih, rapper terkenal dan lain-lain.

Namun, di antara keputusan itu belum menyertakan pengampunan dan pemberian kekebalan terhadap dirinya sendiri.

Menurut dua sumber CNN, Gedung Putih mengadakan pertemuan Minggu (17/1/2021) untuk menyelesaikan daftar pengampunan.

Trump secara ekstrem mengubah Amerika, lewat pemberian pengampunan dan peringanan pada berbagai orang, kebanyakan orang-orang dekat dan kelompok pendukungnya.

Termasuk, pemberian pengampunan pada sejumlah kontraktor keamanan swasta AS yang membunuh puluhan penduduk sipil di Baghdad, Irak, beberapa tahun lalu.

Trump sempat kehilangan fokus ketika jelang penghitungan Electoral College, dan ia tidak membuat keputusan apapun terkait pengampunan hukum.

Pejabat Gedung Putih mengharapkan mereka untuk melanjutkan setelah 6 Januari 2021, tetapi Trump menundanya akibat tekanan setelah ia disalahkan memicu kerusuhan di Capitol.

Citra 'pro-penegakan hukum' Trump hancur di hari-hari terakhirnya.  Awalnya, dua gelombang besar telah siap diluncurkan, satu di akhir pekan lalu dan satu lagi pada Selasa.

Sekarang, para pejabat mengharapkan gelombang terakhir menjadi satu-satunya, kecuali Trump memutuskan pada menit terakhir untuk memberikan pengampunan kepada sekutu yang kontroversial, anggota keluarganya atau dirinya sendiri.

Halaman
123
Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved