Breaking News:

Komunitas

RAPI Aceh Serukan Penggalangan Dana untuk Korban Gempa Sulbar, Kolaborasi dengan Forum PRB

"Teknis penggalangan oleh RAPI diserahkan kepada masing-masing Pengurus Wilayah bersama Satgas dan relawannya," kata Ketua RAPI Aceh, Rahmat Thalib.

RAPI Aceh/For Serambinews.com
Ketua RAPI Aceh, Rahmat Thalib 

"Teknis penggalangan oleh RAPI diserahkan kepada masing-masing Pengurus Wilayah bersama Tim Satgas dan relawannya," kata Ketua RAPI Aceh, Rahmat Thalib.

Laporan Misran Asri| Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH -  Bencana gempa yang mengguncang sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) dengan berbagai dampak serius yang ditimbulkan telah memantik empati dari berbagai kalangan, termasuk Pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Aceh dan jajarannya.

"Sebagai organisasi berbasis relawan kebencanaan, kami bisa merasakan bagaimana penderitaan yang dialami saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana di berbagai daerah, termasuk di Sulawesi Barat,"  kata Ketua RAPI Aceh, H Rahmat Thalib SE, M.Si/JZ01BIR.

Terkait bencana gempa yang terjadi di Sulbar, Ketua RAPI Aceh menyerukan Pengurus RAPI Wilayah di 23 Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh melakukan aksi sosial kemanusiaan berupa penggalangan dana untuk korban bencana gempa Sulbar.

Baca juga: Gubernur Aceh Serukan Penggalangan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Gempa Sulbar

"Kawan-kawan Pengurus Wilayah bisa menggerakkan Tim Satgas dan para relawan untuk menggalang dana di wilayah masing-masing. Kita berkolaborasi dengan Forum PRB Aceh dan BPBA yang saat ini sedang melakukan aksi penggalangan menyahuti seruan Gubernur Aceh,"  kata Rahmat Thalib yang juga Bendahara Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Aceh.

Teknis penggalangan oleh RAPI, lanjut Rahmat diserahkan kepada masing-masing Pengurus Wilayah bersama Tim Satgas dan relawannya.

Hasil penggalangan nantinya akan diserahkan melalui Forum PRB Aceh/BPBA atas nama RAPI Wilayah masing-masing untuk selanjutnya dikumpulkan ke Rekening 'Aceh untuk Sulawesi Barat' di Bank Aceh Syariah No. Rek. 50101970000 14.3.

Baca juga: Update Dampak Gempa Sulbar dari Posko Utama Sulawesi Barat Malam Ini, 84 Meninggal

"Aksi di lapangan tetap di bawah kendali Pengurus dan para Komandan Satgas masing-masing. Berapa pun nantinya donasi yang terkumpul, itulah bentuk kepedulian kita terhadap penderitaan korban bencana," ujar Rahmat Thalib didampingi Ketua DP2OD RAPI Aceh, Nasir Nurdin/JZ01BNN.

Mengutip update laporan dari Posko Utama Penanggulangan Bencana Gempa Sulawesi Barat (Sulbar), Senin (18/1/2021) pukul 20.00 WIB, jumlah korban meninggal 84 orang, luka berat 253 orang, luka ringan 679 orang, pengungsi 19.435 orang, dan terdampak 20.448 orang.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Sebesar Kelereng hingga Puting Beliung Landa Cianjur, Rumah Warga Rusak

Rincian korban, di Kabupaten Majene 11 orang meninggal, 64 orang luka berat, 4.421 orang mengungsi.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju, korban meninggal 73 orang, luka berat/rawat inap 189 orang (pendataan), dan 15.014 orang mengungsi.

"Insya Allah, RAPI Aceh bersama jajarannya siap untuk bergaung dalam misi kemanusiaan ini, sesuai kemampuan yang kami miliki," demikian Ketua RAPI Aceh menanggapi penderitaan korban bencana di Sulbar dan berbagai daerah lainnya. (*)

Penulis: Misran Asri
Editor: Nasir Nurdin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved