Breaking News:

Kesehatan

Awas! Stroke dan Jantung Bisa Terjadi Karena Tekanan Darah Tinggi, Berikut Cara Atasi

Tekanan darah tinggi biasanya tidak bergejalan untuk itu perlu diwaspadai, karena tekanan darah tinggi beresiko terjadinya serangan jantung

Editor: Nur Nihayati
FOR SERAMBINEWS.COM
Personel Polres Aceh Besar, mengecek tensi darah Khairul Nisa, kaum dhuafa yang dikunjungi di Desa Lhieb, Kecamatan Seulimuem, Aceh Besar, dalam rangka memperingati HUT ke-73 Bhayangkara, Senin (1/7/2019). 

Tekanan darah tinggi biasanya tidak bergejalan untuk itu perlu diwaspadai, karena tekanan darah tinggi beresiko terjadinya serangan jantung

SERAMBINEWS.COM - Tekanan darah tinggi bagi sebagian besar masyarakat diartikan sebagai kondisi dimana tekanan darah meningkat.

Istilah lain tekanan darah tinggi yakni hipertensi merupakan suatu kondisi ketika tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi.

Ada batasan dimana tekanan darah dinilai tinggi yakni bila tekanan darah diatas 140/90 dan dianggap sudah parah bila tekanan diatas 180/120.

Tekanan darah tinggi biasanya tidak bergejalan untuk itu perlu diwaspadai, karena tekanan darah tinggi beresiko terjadinya serangan jantung hingga stroke.

Baca juga: Berusaha Kabur Saat Edarkan Sabu di Pondok, Pemuda Dewantara Dibekuk Polisi

Baca juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh, Bisa Buat Dada Sesak, Berikut Cara Alami Atasi GERD

Baca juga: Pasukan Garda Nasional AS Kebingungan, Bertugas Menjaga Pemakzulan Donald Trump

Di Indonesia sendiri cukup banyak penderita sakit darah tinggi, bahkan bukan saja diderita mereka yang berusia lanjutn tapi juga dari usia muda.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi ada sejumlah cara salah satunya memanfaatkan obat herbal yang berasal dari tanaman-tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia, salah satunya adalah sereh.

Dilansir dari Kompas.Com, sereh kerab dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Faktanya, sereh bermanfaat sebagai obat herbal untuk penumpas beberapa jenis penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air.

Sereh alias serai merupakan bumbu dapur yang cukup populer di tanah air.

Sereh banyak ditemukan di pasar tradisional sampai pasar modern.

Sereh memiliki aroma yang khas yang membuat masakan menjadi lebih harus serta menambah citarasa masakan.

Asal tahu saja, sereh masuk dalam golongan rumput-rumputan. Tanaman sereh banyak tersebar di wilayah Jawa dan Sumatera.

Melansir dari buku berjudul Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat karya Gagas Ulung, Pusat Studi, sereh bisa dikembangbiakkan dengan cara stek.

Selain jadi bumbu dapur sereh juga populer dalam dunia pengobatan herbal. Hal ini disebabkan sereh kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved