Breaking News:

Berita Abdya

Gedung Arsip Badan Pengelolaan Keuangan Abdya yang Terbakar Menyimpan Ribuan Dokumen

Bagian belakang Kantor BPKK Abdya yang terbakar tersebut menyimpan ribuan dokumen keuangan serta sejumlah aset.

Serambinews.com
Gedung Arsip Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Abdya, mengalami kebakaran, Sabtu (20/2/2021) siang. 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE – Gedung Arsip Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Barat Daya (Abdya), mengalami kebakaran, Sabtu (20/2/2021) siang.

Bangunan permanen yang terletak di bagian belakang Kantor BPKK yang terbakar tersebut menyimpan ribuan dokumen keuangan serta sejumlah aset, baik yang masih bisa dipakai maupun yang mengalami kerusakan.

Gedung Arsip tersebut berada dalam areal Kompleks Perkantoran Pemkab Abdya kawasan Bukit Hijau Desa Keude Paya, Kecamatan Blangpidie atau bersebelahan dengan Kantor Bappeda Abdya.

Kepala BPKK Abdya, H Salman Alfarisi ST kepada Serambinews.com di lokasi menjelaskan, pihaknya menerima laporan dari bawahannya sekira pukul 13.30 WIB bahwa gedung arsip keuangan mengalami kebakaran.

Dijelaskan bahwa gedung arsip tersebut menyimpan dokumen keuangan sejak tahun 2003 sampai tahun 2020 yang jumlahnya ribuan. Disamping itu, menyimpan aset atau inventaris baik yang masih bisa dipakai dan yang telah rusak.

Namun, dokumen yang terbakar atau basah terkena siraman air dari mobil pemadam kebakaran hingga kini masih dalam pendataan, termasuk sumber api yang menjadi penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

Baca juga: Eks Napi Kasus Narkoba Ini Tega Rudapaksa 5 Anak Kandungnya Sendiri, Polisi Masukkan Pasal Kebiri

Baca juga: Shin Tae-yong Sebut Asnawi Mangkualam Pemain Nomor Satu di Hatinya

Baca juga: Liverpool Makin Anjlok di Tangga Klasemen, Tertinggal 16 Poin dari Man City

Peristiwa kebakaran gedung arsip dukumen keuangan milik Pemkab Abdya yang terjadi pada hari libur kerja itu (hari Sabtu) baru berhasil diatasi sekitar dua jam kemudian.

Upaya pemadaman melibatkan puluhan petugas pemadam dari Kantor Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) serta sejumlah personel  TNI/Polri, anggota Satpol PP, termasuk para pejabat  dan sejumlah PNS setempat.

Wakil Bupati (Wabup) Abdya, Muslizar MT juga turun ke lokasi, kemudian berupaya melakukan pemadaman. 

Pihak BPBK Abdya mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) untuk menjinakkan api yang membakar ribuan berkas dokumen penting di dalam gedung arsip.  

Untuk memadamkan api, dinding beton gedung arsip terpaksa dijebol di tiga titik untuk memudahkan tindakan penyiraman air dari mobil damkar.

Baca juga: Jengkol Abdya dan Beras Sigupai akan Dipatenkan Milik Abdya, Agar tak Diklaim Milik Daerah Lain

Baca juga: PNL Perkuat Kerja Sama dengan PT Perta Arun Gas untuk Tingkatkan Mutu SDM

Baca juga: Jelang Arsenal Vs Manchester City Mikel Arteta Ungkap Hubungan Pertemanannya dengan Pep Guardiola

Ribuan dokumen penting menyangkut keuangan selain terbakar dan sebagian besar dokumen keuangan tersebut basah terkena siraman air. Sebagian  dukumen tersebut sudah dikeluarkan dari gedung saat upaya pemadaman dilakukan petugas.

Kalak BPBK Abdya, Amiruddin mengaku belum mengetahui dari mana sumber api sehingga membakar ruang gedung arsip di belakang Kantor BPKK tersebut.

"Belum tahu, ada yang bilang, akibat api yang terbang dari tempat bakar sampah yang tak jauh dari gedung arsip, tapi tidak tahu persis juga," kata Amiruddin.(*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved