Breaking News:

Warga Aceh di Australia Gelar Kenduri Apam

Ibu-ibu komunitas Aceh di Australia, khususnya yang bermukim di Sydney, melaksanakan kenduri toet apam pada Rabu 6 Rajab 1442 H

Thumbnail Youtube Serambi On TV
Ibu-ibu komunitas Aceh di Australia, khususnya yang bermukim di Sydney, melaksanakan kenduri toet apam pada Hari Rabu 6 Rajab 1442 H atau 17/2/2020. 

BANDA ACEH - Ibu-ibu komunitas Aceh di Australia, khususnya yang bermukim di Sydney, melaksanakan kenduri toet apam pada Rabu 6 Rajab 1442 H atau 17 Februari 2021. Kegiatan ini berlangsung di rumah Tgk Umar Khalid di Wiley Park, New South Wales Australia.

Faisal Yacob, warga Aceh yang bermukim di Sydney melaporkan, ibu-ibu yang dipimpin oleh Ibu Hajjah Maryam, asal Gampong Aree, Pidie, membagi-bagikan apam yang telah masak kepada warga Aceh yang tinggal di Sydney. "Kenduri apam ini menghabiskan lebih kurang 16 kilogram tepung," kata Faisal kepada Serambi melalui WhatsApp, Jumat (19/2/2021).

Selain kenduri apam, ibu- ibu Wiley Park Sydney ini juga menyediakan hidangan makanan untuk panitia, berupa nasi biryani dan lauknya.

Apam adalah makanan tradisional Aceh asal Kabupaten Pidie terbuat dari adonan tepung yang dimasak pada bulan Rajab. Bagi masyarakat Aceh, bulan Rajab pada kelender Hijriah dikenal dengan sebutan Buleun Apam.

Tradisi toet apam atau kenduri apam pada bulan Rajab sudah berlangsung turun temurun di sejumlah daerah di Aceh. Kaum ibu secara berkelompok memasak penganan semacam kue serabi tapi dengan ukuran lebih besar dan adonan yang berbeda.

Biasanya, apam yang telah masak dikumpulkan untuk kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat.(nal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved