Breaking News:

Berita Banda Aceh

Cegah Karhutla, Polisi Siap Tindak Pembakar Lahan di Aceh

masyarakat diimbau agar pada saat membuka lahan jangan melakukannya dengan cara membakar

SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Winardy. 

Laporan Subur Dani | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dalam rangka mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Aceh, masyarakat diimbau agar pada saat membuka lahan jangan melakukannya dengan cara membakar.

Imbauan ini disampaikan Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Wahyu Widada, M. Phil, yang disampaikan Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy, Jumat (26/2/2021).

Menurut Kabid Humas, polisi siap menindak masyarakat yang melakukan pembakaran lahan saat membuka lahan baru jika terbukti melakukan tindak pidana.

"Jajaran Kepolisian juga tidak segan-segan dalam menegakan hukum kepada pelaku yang terbukti melakukan tindak pidana tentang kebakaran hutan dan lahan ini," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol. Winardy.

Baca juga: Lahan Gambut hingga Hutan Pinus Terbakar

Baca juga: CPNS 2021 Hampir Dibuka,Paling Banyak Profesi Guru & Tenaga Kesehatan, Ingat! Jangan Lupa Syarat Ini

Winardy menjelaskan, saat ini memasuki musim kemarau dan suhu udaranya yang relatif panas, untuk itu diimbau kepada masyarakat dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar.

Hal ini sebagai wujud dari implementasi masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla di Aceh.

"Untuk mencegah karhutla, masyarakat jangan melakukan pembukaan lahan dengan cara kebiasan lama (konvensional) dengan membakarnya. Hindari pembakaran saat membuka lahan untuk mencegah karhutla," imbau Kombes Winardy.

Baca juga: VIRAL Ibu Serba Salah Usai Lihat Anak Pakai Balsem di Kepala, Dikira Gunakan Pomade

Terkait pencegahan karhutla ini, beberapa hari lalu tepatnya Senin (22/2/2021), Presiden RI Ir. Joko Widodo telah memimpin rapat penanggulangan karhutla secara virtual dari Istana Negara di Jakarta dan memberikan direktifnya ke jajaran Polda di Indonesia termasuk Polda Aceh.

Presiden RI memimpin rapat penanggulangan karhutla hari itu di Istana Negara didampingi Wapres, Panglima TNI, Kapolri dan sejumlah Menteri terkait, ucap Kabid Humas.

Sementara dari Polda Aceh, rapat penanggulangan Karhutla yang digelar itu diikuti Kapolda Aceh dan didampingi Karo Ops Kombes Pol. Agus Sarjito dan Dirreskrimsus Kombes Pol. Margiyanta.

"Untuk itu, mari sama-sama kita peduli untuk melakukan penanggulangan karhutla di wilayah Aceh Khususnya dan Indonesia pada umumnya," tambah Kabid Humas. (*)

Baca juga: Ini Alasan Demokrat Pecat 7 Kadernya, dari Pengkhianatan hingga Pelanggaran Etika

Penulis: Subur Dani
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved