Breaking News:

Berita Gayo Lues

Lagi, Kebun Sere Wangi  & Hutan Pinus Terbakar di Galus, Warga Umumkan via Pengeras Suara Masjid

Api baru berhasil dipadamkan oleh warga dibantu anggota polisi, TNI, serta petugas pemadam kebakaran dari Blangkejeren dan Kutapanjang, siang hari.

Serambi Indonesia
Hutan pinus dan kebun sere wangi milik warga di Desa Rikit Dekat, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues kembali terbakar, Kamis (4/3/2021). 

Laporan Rasidan | Gayo Lues

SERAMBINEWS.COM, BLANGKEJEREN - Hutan pinus dan kebun sere wangi milik warga di Desa Rikit Dekat, Kecamatan Kutapanjang, Kabupaten Gayo Lues (Galus) kembali terbakar, Kamis (4/3/2021) sekitar pukul 11.50 WIB.

Api baru berhasil dipadamkan oleh warga dibantu anggota polisi, dan TNI, serta petugas pemadam kebakaran dari Blangkejeren dan Kutapanjang, sekitar pukul 14.00 WIB.

Proses pemadaman ini turut dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi yang persis berada di pinggir jalan dua jalur Blangsere tersebut.

Dua mobil pemadam yang dikerahkan itu yakni satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kutapanjang dan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Blangkejeren.

"Api dalam sekejap membesar dan menyebar sehingga sempat menghanguskan lahan pertanian yang sebagian besar berisi tanaman sere wangi milik masyarakat dengan luas sekitar 1,5 hektare lebih," kata Selamat, warga Rikit Dekat, didampingi sejumlah warga lainnya.

Baca juga: VIDEO VIRAL Polisi Ganteng Disebut Mirip Ali Syakieb, Ini Fakta dan Sosok Bripda Mustakim

Baca juga: Kapolda Aceh Resmikan Mapolres Bireuen, Dibangun dengan Dana Hibah Pemkab Rp 6 Miliar

Baca juga: VIDEO Pencari Barang Bekas Asal Medan Meninggal di Mushalla Gampong Sukarejo Langsa Timur

Selamat menjelaskan, begitu terlihat kepulauan asap dan titik api di areal kebun sere milik, ia langsung ke masjid untuk mengumumkan melalui alat pengeras suara.

Pengumunan melalui pengeras suara masjid itu untuk memberitahu warga bahwasanya telah terjadi kebakaran kebun yang tidak jauh dari permukiman penduduk.

Lanjutnya, spontan sejumlah warga menuju lokasi untuk berupaya memadamkan api secara manual dan dengan peralatan seadanya.

Tidak lama kemudian, tiba satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Kutapanjang ke lokasi kebakaran.

Selanjutnya, dengan dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Blangkejeren, dan kobaran api pun berhasil dipadamkan.

Baca juga: Resahkan Santri, Warga Amankan Pria Gondrong, Identitasnya Terungkap Saat Pemeriksaan Sidik Jari

Baca juga: 1,3 Juta Lowongan CPNS Dibuka Tahun 2021, Formasi Guru dan Nakes Terbanyak, Ini Tahapan Seleksinya

Baca juga: MTQ Tingkat Lhokseumawe akan Belangsung di Lima Tempat, Ini Lokasinya

Sementara itu, salah seorang pemilik kebun sere wangi yang terbakar, Aman Darma kepada Serambinews.com mengaku, titik api muncul dari arah tempat penyulingan atau ketel sere wangi.

"Hanya dalam hitungan menit, api langsung merembet dan menyebar luas sehingga menghanguskan tanaman sere wangi yang siap panen untuk dilakukan penyulingan," ucap Aman Darma lirih.(*)

Penulis: Rasidan
Editor: Saifullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved