Breaking News:

Konflik Cina dan Taiwan

Cina Siap Gelar Latihan Rutin Kapal Induk di Dekat Taiwan ke Depan

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan,"

Dok/China Military Online
Kapal induk kedua China, Shandong ditambatkan di Dalian pada 2019 sebelum ditugaskan 

SERAMBINEWS.COM -  Angkatan Laut Cina menyatakan latihan sekelompok kapal Induk di dekat Taiwan akan menjadi latihan rutin ke depan.

Hal itu dikatakan Angkatan Laut Cina pada Senin (5/4/2021) dalam merespons meningkatnya ketegangan hubungan dengan Taiwan dan klaim Cina atas pulau tersebut.

Taiwan mengeluhkan peningkatan aktivitas militer Cina di dekat wilayahnya dalam beberapa bulan terakhir, karena Cina meningkatkan upaya untuk menegaskan kedaulatannya atas pulau yang dikelola secara demokratis itu.

Angkatan Laut Cina mengatakan kelompok kapal induk, yang dipimpin oleh Liaoning, kapal induk pertama negara itu yang dioperasikan secara aktif, melakukan latihan "rutin" di perairan dekat Taiwan.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuannya untuk menjaga kedaulatan nasional, keselamatan dan kepentingan pembangunan," katanya seperti dilansir Reuters, Selasa (6/4/2021).

“Latihan serupa akan dilakukan secara rutin di masa depan,” tambah angkatan laut, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Pernyataan Cina mengikuti Kementerian Pertahanan Taiwan yang melaporkan serangan baru oleh angkatan udara Cina ke zona identifikasi pertahanan udara pulau itu pada hari Senin.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pihaknya memiliki "pemahaman penuh" tentang situasi di udara dan laut di sekitar Taiwan dan bahwa pihaknya "menangani dengan tepat" masalah tersebut.

Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan pada hari Minggu bahwa Liaoning, ditemani oleh lima kapal pengawal, telah transit di Selat Miyako dalam perjalanan ke Pasifik.

Global Times China yang banyak dibaca, diterbitkan oleh People's Daily resmi Partai Komunis yang berkuasa, mencatat Nanchang, armada kapal perusak Tipe 055 baru yang kuat adalah bagian dari grup kapal induk.

Halaman
12
Editor: Eddy Fitriadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved