Breaking News:

Berita Banda Aceh

Persediaan Daging untuk Meugang Ramadhan di Kota Banda Aceh Dipastikan Cukup

Namun untuk harga yang pada hari biasa Rp 130 ribu per kilogram ,di hari meugang mengalami kenaikan menjadi Rp 140 ribu-Rp 170 ribu per kilogram."

FOR SERAMBINEWS.COM
Petugas Dinas Pangan Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh melihat sapi-sapi di UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Banda Aceh, Selasa (6/4/2021). 

"Namun untuk harga yang pada hari biasa Rp 130 ribu per kilogram ,di hari meugang mengalami kenaikan menjadi Rp 140 ribu-Rp 170 ribu per kilogram."

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Dinas Pangan Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Banda Aceh memastikan persediaan daging meugang Ramadhan 1442 H di Kota Bada Aceh mencukupi.

Hal tersebut disampaikan Kepala DPPKP Kota Banda Aceh, Ir Zulkifli Syahbuddin, MM dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Selasa (6/4/2021).

Menurutnya, untuk persediaan ternak sapi atau kerbau di Kota Banda Aceh saat ini jumlahnya sekitar 610 ekor, terdiri dari 581 ekor sapi dan 29 ekor kerbau.

"Namun untuk harga yang pada hari biasa Rp 130 ribu per kilogram di hari meugang biasanya mengalami kenaikan menjadi Rp 140 ribu sampai Rp 170 ribu per kilogram," ujarnya.

Lebih lanjut Zulkifli menyampaikan kepada masyarakat dan penjual daging untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes) dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Ketegangan Laut Cina Selatan Meningkat, AS dan Cina Adu Sangat Kapal Perang

Ia menyampaikan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui DPPKP juga mengumumkan dan menghimbau setiap pemotongan ternak dan penjualan daging dalam wilayah Kota Banda Aceh harus mendapat izin tertulis dari Wali Kota Banda Aceh, cq Kepala DPPKP melalui UPTD Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Banda Aceh.

Alamatnya, yakni di Jalan Tgk Dikandang Nomor 31 A Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Kota Banda Aceh dan dipungut Retribusi Pemeriksaan Hewan Ternak (sapi atau kerbau) pada Hari-Hari Besar Islam (Meugang) sebesar Rp 70.000 per ekor sesuai Qanun kota Banda Aceh No.mor 6 Tahun 2016 Tentang Retribusi Rumah Pemotongan Hewan.

"Jadi sebaiknya mereka mendaftarkan pemotongan ternaknya di UPTD RPH Kota Banda Aceh, karena untuk soal pemotongan serta sanitasi dan higienisnya sudah terjamin," sebut Zulkifli.

Halaman
12
Penulis: Misran Asri
Editor: Ibrahim Aji
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved