Breaking News:

Ramadhan 2021

Tradisi Meugang (Makmeugang) Sebelum Puasa bagi Masyarakat Aceh, Dilakukan Sampai di Australia

agi masyarakat Aceh, ataupun mereka yang berasal maupun keturunan dari Aceh, istilah makmeugang atau meugang sebelum puasa bukan hal asing.

SERAMBINEWS.COM - Meugang atau makmeugang adalah sebuah kata yang sangat populer di Aceh setiap kali Bulan Ramadhan tiba. 

Meugang atau makmeugang adalah tradisi yang sudah berlangsung turun temurun di Aceh, semenjak masa kerajaan Aceh. 

Tradisi berbagi daging sapi, kerbau, dan kambing ini masih terus diletarikan oleh masyarakat Aceh, tidak hanya di Aceh, tapi juga keturunan Aceh yang bermukim di luar negeri. 

Di Aceh, tradisi bagi-bagi daging dan makan bersama dalam menyambut bulan Ramadhan ini dilakukan di seluruh wilayah di kawasan Aceh.

Tradisi meugang berlangsung 3 kali dalam satu tahun, yaitu menjelang puasa Ramadhan, menjelang Idul Fitri, dan menjelang Idul Adha.

Tradisi yang sarat makna kekeluargaan ini dilaksanakan pada 1-2 hari sebelum masuknya Bulan Ramadhan, menjelang Idul Fitri, dan menjelang Idul Adha.

Pada tahun ini, menjelang puasa Ramadhan 2021, meugang atau makmeugang berlangsung pada Minggu (11/4/2021) dan Senin (12/4/2021).

Selama dua hari ini, suasana pasar maupun pada berbagai tempat dipenuhi dengan para penjual daging, baik daging lembu maupun daging kerbau.

Bukan tanpa alasan masyarakat Aceh melakukan tradisi demikian, bahkan mereka yang tinggal di luar Aceh pun melakukan tradisi meugang.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Komunitas Aceh yang bermukim di Australia Barat (Western Australia), Sabtu (10/4/2021) melaksanakan tradisi Aceh menyambut Ramadhan 1442 H di Negeri Kangguru.

Baca juga: VIDEO Harga Bahan Pokok Dapur Naik Jelang Ramadhan 2021 di Meulaboh, Hanya Tomat Masih Normal

Halaman
1234
Penulis: Syamsul Azman
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved