Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Penetapan 1 Ramadhan 1442 H Terjadi di Tiga Hari yang Berbeda di Aceh, Ini Sebabnya 

Untuk mengetahui penyebab perbedaan dalam mengawali puasa Ramadhan tahun ini, sebut Tgķ Ismail, harus dilihat dari segi kriteria yang dipakai sebagai

For Serambinews.com
Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is. 

Untuk mengetahui penyebab perbedaan dalam mengawali puasa Ramadhan tahun ini, sebut Tgķ Ismail, harus dilihat dari segi kriteria yang dipakai sebagai pedoman dalam mengawali puasa Ramadhan. 

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Dosen Ilmu Falak Jurusan Jurusan Astronomi Islam Fakultas Syariah  IAIN Lhokseumawe, Tgk Ismail Is,  Selasa (13/4/2021), menjelaskan, sesuai informasi dan data yang diperolehnya, di tengah masyarakat Aceh, ada yang memulai 1 Ramadhan 1442 H pada 12 April 2021, ada yang memulai pada 13 April 2021, dan ada malah yang akan memulai berpuasa pada 14 April 2021 besok.

Untuk mengetahui penyebab perbedaan dalam mengawali puasa Ramadhan tahun ini, sebut Tgķ Ismail, harus dilihat dari segi kriteria yang dipakai sebagai pedoman dalam mengawali puasa Ramadhan. 

Berikut  rincian pedomannya:

Baca juga: Soal Bentrok di UFC, Conor McGregor Takkan Pernah Bersedia Lawan Jagoan yang Ini

 1. 1 Ramadhan 1442 H, Senin 12 April 2021.

Masyarakat Aceh yang mengawali puasa Ramadhan 1442 H pada hari Senin 12 April 2021 adalah masyarakat Aceh yang menganut kriteria hisab urfi khumasi dalam menentukan awal Bulan Ramadhan. 

Hisab urfi khumasi adalah sebuah perhitungan yang menentukan awal Bulan Ramadhan tahun ini, dihitung 5 hari dari awal Ramadhan tahun yang lalu. 

Tahun yang lalu, awal Ramadhan 1441 H ditetapkan hari Kamis
(23 April 2020). 

Dari Hari Kamis tersebut, dihitung maju 5 hari kedepan (cara hitungnya lima hari kedepan : Kamis - Jumat - Sabtu - Minggu - Senin).

Halaman
123
Penulis: Saiful Bahri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved