Breaking News:

Berita Aceh Barat

Qari-qariah Terbaik Aceh Ikuti PTQ Secara Virtual di RRI Meulaboh

PTQ ini diharapkan dapat menghasilkan generasi baru, bibit-bibit muda sebagai qari dan qariah sebagai generasi qurani, Tahfizd dan da'i.

Dok RRI Meulaboh
Dewan juri menyeleksi para qari-qariah terbaik di Pantai Barat Selatan Aceh, pada kegiatan perlombaan PTQ, Selasa (13/4/2021), yang dilaksanakan secara virtual oleg RRI Meulaboh, di Kantor RRI setempat. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Sebanyak 27 qari dan qariah terbaik dari wilayah Barat Selatan-Aceh menampilkan kebolehannya dalam seni baca alquran dalam Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke-51 tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual oleh RRI Meulaboh.

Pada babak penyisihan kategori Tilawah dimulai setelah dilangsungkan seremonial pembukaan secara resmi oleh Kepala RRI Meulaboh, Jaya Maulana Rukmantara, pada Selasa (13/4/2021) siang, yang turut disaksikan oleh para dewan hakim dan panitia.

"Pelaksanaan PTQ tahun ini kita laksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sekarang tahap seleksi hingga babak penyisihan dilaksanakan secara video zoom meeting dalam rangka mengurangi risiko Covid-19," katanya di sela-sela pembukaan.

Jaya Maulana Rukmantara, menjelaskan bahwa bahwa LPP RRI sudah berkomitmen dan mencanangkan sebagai Radio Tanggap Covid-19, karena itu protokol kesehatan sangat diutamakan dalam pelaksanaan Pekan Tilawatil Quran 1442 Hijriah/ 2021 Masehi.

Didampingi Ketua Panitia Edi Santoso, menjelaskan, bahwa untuk kategori Tilawah diikuti oleh sebanyak 27 peserta yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya, Simeulue, Aceh Barat Daya dan Aceh Selatan.

"Saya berharap melalui PTQ ini dapat menghasilkan generasi baru, bibit-bibit muda sebagai qari dan qariah sebagai generasi qurani, Tahfizd dan da'i. Kami mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh peserta," tutup Kepsta RRI Meulaboh.

Baca juga: Kerangka Manusia Ditemukan di Kebun Karet di Nagan Raya, Diduga Korban Hilang Sebulan Lalu

Baca juga: Parah! Listrik Padam Saat Buka Puasa, Warga Singkil Utara Makan dalam Gelap Gulita

Baca juga: 72 Peserta Ikuti Program Tahfiz Quran Non Karantina Digagas BKM Babul Maghfirah Desa Tanjung Selamat

Baca juga: Sebagian Muslim di Abdya Baru Laksanakan Tarawih pada Selasa Malam Ini

Sementara Edi Santosa, menyebutkan, pada PTQ ke-51 tahun 2021 di RRI Meulaboh diikuti sebanyak 46 peserta, mengikuti tiga kategori, pertama Tilawah, Hafiz dan pidato, peserta terbaik akan mengikuti PTQ Nasional di Palembang, Sumatera Selatan.

Babak penyisihan yang tengah berlangsung diawali dengan kategori Tilawah, selanjutnya Tahfidz dan Pidato, RRI Meulaboh mempercayakan penilaian kepada tiga orang dewan hakim yang benar-benar selektif dan independen serta mumpuni.

"Untuk final ketiga kategori akan dilakukan secara tatap muka di Aula Tri Prasetya RRI Meulaboh pada 16 April 2021. Sementara ini untuk semua proses perlombaan dilaksanakan secara virtual," demikian Edi Santosa.(*)

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved