Breaking News:

Polri Luncurkan Pembuatan SIM Online Lewat Aplikasi, ITW Khawatirkan Keselamatan Masyarakat

Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, mengaku sangat mengkhawatirkan menurunnya kualitas SIM yang dimiliki seseorang

Kompas.com/Gilang
Smart SIM 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Traffic Watch atau ITW mengapresiasi Polri terkait penggunaan teknologi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Di mana salah satunya adalah dengan diluncurkannya aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi, untuk perpanjangan dan pembuatan SIM (surat izin mengemudi) baru secara online.

Meski begitu Ketua Presidium ITW, Edison Siahaan, mengaku sangat mengkhawatirkan menurunnya kualitas SIM yang dimiliki seseorang, karena proses penerbitan dan perpanjangannya, melalui SIM online atau lewat aplikasi SINAR, tanpa melalui prosedur pemeriksaan dan pengujian langsung, seperti sebelumnya.

"ITW menilai proses penerbitan SIM lewat aplikasi, di mana pemohonnya tidak perlu datang karena SIM akan dikirim petugas ke pemohon, adalah kebijakan yang berpotensi menimbulkan situasi buruk dan membahayakan keselamatan jiwa di jalan raya," kata Edison kepada Warta Kota, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Akun Fanpage Facebook Ustaz Abdul Somad Hilang, Tim Media UAS Surati Manajemen Facebook

Baca juga: Geger Penemuan Harta Karun di Bondowoso, Ada Gelang Emas hingga Serpihan Tulang Manusia

Sebab penerbitan SIM, kata Edison, bukanlah seperti mengurus STNK atau BPKB maupun izin usaha lainnya.

"Karena SIM atau Driving Licence adalah legalitas yang diberikan negara atau Polri kepada warganya, bahwa yang bersangkutan telah memiliki kompetensi untuk menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya dan memahami peraturan atau rambu tentang tata tertib berlalu lintas," ujar Edison.

Pemilik SIM kata dia, juga dianggap sudah memahami arti keselamatan dirinya maupun keselamatan pengendara lainnya di jalan raya.

"Maka SIM itu bukan Hak, tetapi Kewajiban. Bahkan untuk memperoleh SIM harus melalui permohonan dan hanya dapat dilakukan oleh warga yang sehat jasmani dan rohani lewat pemeriksaan oleh petugas yang berkompenten," kata Edison.

"Kemudian dinyatakan lulus setelah menjalani berbagai proses seperti ujian teori dan praktik. Bahkan petugas yang melakukan test atau ujian harus memiliki kompetensi khusus," tambahnya.

Baca juga: Ini Nama Aplikasi Perpanjang SIM Secara Online, Simak Juga Langkah Lengkap Buat SIM Online Lewat Hp

Semestinya kata Edison, pemilik SIM yang melalui proses penjang untuk mendapatkannya, harus dapat menjadi contoh di jalan raya saat berkendara.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved