Breaking News:

Kajian Islam

Ini Doa Qunut Ketika Shalat Subuh dan Qunut Nazilah, Lengkap Tata Cara dan Artinya

Membaca doa Qunut Subuh dilakukan ketika memasuki rakaat kedua, tepat saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan iktidal

Editor: Mursal Ismail
Sumber Youtube
Tangkapan layar Imam shalat witir, Sheikh Salah Bin Muhammad Al Budair, terisak menangis saat membacakan doa Qunut di rakaat ketiga shalat witir, Kamis (23/4/2020) malam. 

Membaca doa Qunut Subuh dilakukan ketika memasuki rakaat kedua, tepat saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan iktidal, sebelum beranjak ke posisi sujud pertama dalam rakaat tersebut.

SERAMBINEWS.COM - Sebagian umat Muslim mengucapkan doa Qunut ketika shakat Subuh, namun ada juga yang tidak.

Berikut tata cara membaca doa Qunut Subuh dikutip dari smpi.alhasanah.sch.id:

- Sejumlah kalangan berpendapat doa Qunut Subuh adalah sunah.

- Membaca doa Qunut Subuh dilakukan ketika memasuki rakaat kedua, tepat saat masih berada di posisi berdiri setelah membaca bacaan iktidal, sebelum beranjak ke posisi sujud pertama dalam rakaat tersebut.

- Jika dalam shalat berjamaah, imam dianjurkan untuk mengeraskan suara, sedangkan makmum mengamini doa yang dibacakan imam.

- Imam dianjurkan mengubah lafal "ihdinî (berilah aku petunjuk)" dalam doa Qunut Subuh menjadi "ihdinâ (berilah kami petunjuk)”.

- Ini terjadi karena sang imam dalam posisi sedang memimpin shalat serta berdoa bukan untuk dirinya saja, melainkan bersama seluruh jamaah shalat Subuh yang diimaminya.

- Ketika doa yang dibacakan berisi permohonan (harapan) atau permintaan, maka dianjurkan posisi telapak tangan menghadap ke atas.

- Sebaliknya, jika sampai pada doa yang berisi menolak bala, maka posisi punggung tangan yang menghadap ke atas (membalikkan telapak tangan).

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved