Breaking News:

Berita Bireuen

Harga Jual Jangkrik di Bireuen Tidak Menentu, Ini Penyebabnya

Di Bireuen sudah ada puluhan orang yang memelihara jangkrik sebagai usaha rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan pasar pakan burung dan ikan hias.

SERAMBINEWS.COM/YUSMANDIN IDRIS
Usaha peternakan jangkrik dikelola PNS Bireuen Abdul Majid (45) bersama istrinya dengan mengambil tempat pada teras rumah dan ruangan khusus 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Usaha peternakan atau memelihara jangkrik di Bireuen  terus berkembang, namun harga jual jangkrik ke berbagai daerah atau agen penampung tidak menentu.

Bila pasokan jangkrik dari luar daerah ke Bireuen, ke  Bener Meriah, Takengon atau Banda Aceh kurang, maka harga jual jangkrik produksi Bireuen mahal. Sebaliknya jika pasokan dari luar daerah banyak, harga jual jangkrik menjadi murah.

Hal itu disampaikan Abdul Madjid, salah seorang yang beternak jangkrik sejak tiga tahun lalu, memelihara jangkrik selain untuk kebutuhan pakan burung peliharaan, jangkrik juga dijual ke berbagai daerah.

Disebutkan, di Bireuen mungkin sudah ada puluhan orang yang memelihara jangkrik sebagai usaha rumah tangga dan juga usaha serius mengarah kepada professional, namun harga jual belum stabil.

Belum stabilnya harga jual karena para peternak jangkrik belum membentuk asosiasi, adanya asosiasi setidaknya harga jual jangkrik dapat seragam dan tidak dipermainkan para pembeli atau agen penampung.

Abdul Majid mengatakan, di waktu tertentu harga jangkrik dibeli cukup murah yaitu Rp 45.000/kilogram dan dilain waktu harganya mencapai Rp 75.000/kilogram, selain itu jenis jangkrik dan usia jangkrik juga menentukan harga jual.

Baca juga: Balas Bijak Komentar Negatif Netizen, Yuni Shara Banjir Pujian hinngga Trending Topik Twitter

Baca juga: Malam Ini, Okultasi Planet Mars dengan Bulan Menghiasi Langit Aceh, Sayang Dilewatkan

Baca juga: Kisah Seorang Kakek Tetap Sehat dan Bugar dengan Berpuasa, Inilah Segudang Manfaat dari Puasa

Baca juga: Warga Tertipu Investasi Bodong, Rp 165 Juta Raib

Baca juga: Ikatan Cinta 17 April 2021: Andin Terharu, Rosa Pergoki Al Rendy Bongkar Makam, Nino Curigai Ricky

Jangkrik hasil peternakan di Bireuen katanya sering dibeli pedagang burung, orang memelihara ikan hias dari beberapa kabupaten/kota, jangkrik juga dijual ke pasar tempat-tempat penjualan pakan ternak dan burung di Bireuen.

Memudahkan penjualan jangkrik dan harga jual juga stabil sebaiknya di Bireuen dapat dibentuk persatuan atau asosiasi sehingga usaha peternakan jangkrik dapat berjalan baik dan harga jual juga stabil sehingga keuntungan diperoleh lebih baik. 

Abdul Majid mengatakan, usaha peternakan jangkrik di Bireuen saat ini mencapai puluhan orang memelihara jangkrik, jangkrik dijual ke berbagai daerah dan juga untuk kebutuhan Bireuen sendiri.(*)

Penulis: Yusmandin Idris
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved