Breaking News:

Cegah Covid 19

Pelindo Sediakan Layanan Ge-Nose C19 di Pelabuhan

Alat ini tak hanya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19, tapi juga meringankan beban biaya calon penumpang kapal laut.

TribunJakarta/Gerald Leonardo Agustino
Proses evakuasi WNI ABK MS Island Princess di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (10/6/2020). 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III memberikan layanan pemeriksaan cepat untuk deteksi dini Covid-19 dengan alat Ge-Nose C19 mulai tersedia di sejumlah pelabuhan.

Pemeriksaan Ge-Nose C19 telah tersedia di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, mulai Sabtu (17/4/2021).

“Selanjutnya, secara bertahap akan tersedia di Pelabuhan Tanjung Emas dan Pelabuhan Banjarmasin dengan biaya pemeriksaan hanya Rp30 ribu,” ungkap Pelindo III dalam rilis pers, Sabtu.

Dalam peresmian layanan tersebut, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H. Purnomo bersama sejumlah pejabat terkait menjalani tes perdana di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Usai melakukan pemeriksaan, Agus menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo III beserta jajaran yang telah bergerak cepat menyediakan layanan Ge-Nose C19 untuk para calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak yang kemudian diikuti penyediaan di dua pelabuhan lain.

Agus juga mengatakan alat ini tak hanya membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19, tapi juga akan semakin meringankan beban biaya calon penumpang yang akan bepergian menggunakan kapal laut.

“Saya mengapresiasi Pelindo III yang telah menyediakan alat deteksi dini Covid-19 Ge-Nose C19, kita tahu ini biayanya cukup terjangkau sehingga masyarakat tak lagi terbebani dengan biaya tambahan selama bepergian seperti rapid test dan lainnya. Saya berharap semua pelabuhan dan sarana angkutan laut bisa memiliki fasilitas ini semua," kata Agus.

Baca juga: Empat Titik Perbatasan Aceh dengan Sumatera Utara Akan Ditutup Jelang Lebaran, Ini Jadwalnya

Baca juga: Target Tarung Trilogi Lawan Dustin Poirier, Pilih Duel Ulang Saja Sudah Aneh bagi Conor McGregor

Baca juga: Telkomsel Hadirkan Video Challenge Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan penyediaan layanan Ge-Nose C19 di sejumlah pelabuhan dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi para calon penumpang kapal laut melakukan pemeriksaan deteksi Covid-19 yang menjadi syarat perjalanan.

"Mulai hari ini layanan Ge-Nose C19 sudah tersedia di Pelabuhan Tanjung Perak dengan biaya pemeriksaan sebesar Rp30 ribu untuk setiap orang sekali periksa. Metode ini paling terjangkau jika dibandingkan dengan metode pemeriksaan lainnya, harapan kami bisa mengurangi beban biaya para penumpang," ujar Edi.

Layanan Ge-Nose C19 di Pelabuhan Tanjung Perak dapat diakses setiap Senin hingga Sabtu mulai pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB.

Para calon penumpang kapal cukup menunjukkan tiket kapal laut sebagai syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan Ge-Nose C19.

Baca juga: Gratis, Pemkab Aceh Besar Tahun Ini Kembali Terima Santri Hafiz, di Pesantren Al Fauzul Kabir Jantho

Baca juga: Sejarah Stadion Kuta Asan, dari Benteng Melawan Belanda Hingga Jadi Markas PSAP Sigli

Baca juga: Cina Rencana Campurkan Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Supaya Lebih Manjur

"Sementara ini kami sediakan 2 unit alat dengan kapasitas pemeriksaan kurang lebih 200 orang per hari. Jika dirasa perlu maka tidak menutup kemungkinan jumlah alat akan ditambah," lanjut dia.

Pelindo III juga menyediakan ruang isolasi yang diperuntukkan bagi calon penumpang yang memperoleh hasil positif dari pemeriksaan Ge-Nose C19.

Mereka kemudian akan diarahkan menuju fasilitas pemeriksaan rapid antigen secara mandiri untuk validasi hasil. Jika masih kedapatan positif maka calon penumpang tersebut tidak diperkenankan masuk ke dalam fasilitas terminal penumpang.(AnadoluAgency)

Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved