Breaking News:

USK Terbaik di Sumatera, Urutan 17 Secara Nasional, Ini Daftar Lengkap Kampus Terbaik di Indonesia

Hal ini terlihat dari keberhasilan USK masuk peringkat ke 17 kampus terbaik di Indonesia yang dirilis oleh Webometerics.

SERAMBIWIKI/HENDRI ABIK
Kantor Pusat Administrasi Universitas Syiah Kuala (USK) Darussalam, Banda Aceh, Rabu (23/9/2020). 

SERAMBINEWS.COM - Kampus Universitas Syiah Kuala (USK) berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Pulau Sumatera.

Hal ini terlihat dari keberhasilan USK masuk peringkat ke 17 kampus terbaik di Indonesia yang dirilis oleh lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, yaitu Webometerics.

Dengan demikian, USK berhasil menggeser Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, yang sebelumnya menempati posisi pertama kampus terbaik di pulau wilayah barat Indonesia.

Peringkat USK tersebut merupakan yang terbaik dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Sumatera.

Di mana urutannya adalah Universitas Sumatera Utara (USU) Medan di peringkat 19, Universitas Andalas di peringkat 22, Universitas Lampung (Unila) di peringkat 24, dan Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan di peringkat 26 nasional.

Baca juga: USK Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di Sumatera

Baca juga: Jurusan Teknik Mesin USK Tuan Rumah Raker BKSTM Indonesia, 103 Prodi Ikut Serta

Pemeringkatan di Webometrics dilakukan oleh Cybermetrics Lab yang merupakan kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Setidaknya ada empat indikator penilaian versi Webometrics ini.

Pertama, Presense di mana kriteria ini merupakan jumlah halaman website dari domain web utama, termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi, yang sumbernya dari Google.

Kedua, Visibility yang merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian nilai rata-rata). Sumber datanya dari Ahrefs Majestic.

Ketiga, Transparency/Openness yang  merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Datanya bersumber dari Google Scholar.

Halaman
1234
Penulis: Agus Ramadhan
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved