Breaking News:

Berita Banda Aceh

Pantau Gempa di Danau Toba, USK dan BMKG Kerja Sama Pasang 20 Seismometer

Menurut Muksin Umar, untuk keperluan pemantauan gempa bumi di Danau Toba Tim USK membawa 20 seismometer Farfield  Node Seismic. Alat tersebut...

bangladeshchronicle.net
Ilustrasi gempa. 

Menurut Muksin Umar, untuk keperluan pemantauan gempa bumi di Danau Toba Tim USK membawa 20 seismometer Farfield  Node Seismic. Alat tersebut dipasang di danau terluas di Sumatra itu, guna melengkapi sensor permanen yang telah dipasang BMKG sebelumnya. 

Laporan Yarmen Dinamika l Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Universitas Syiah Kuala (USK), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, dan BMKG Stasiun Mata Ie, Aceh Besar, sepakat bekerja sama untuk mengkaji gempa bumi di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut). 

"Kerja sama ini dilakukan mengingat, adanya peningkatan yang signifikan kejadian gempa bumi di Danau Toba selama dua minggu terakhir," kata Ketua Pusat Mitigasi Geohazard USK, Dr Muksin Umar MPhil kepada Serambinews.com, Sabtu (1/5/2021) pukul 01.00 WIB.

Menurut Muksin Umar, untuk keperluan pemantauan gempa bumi di Danau Toba Tim USK membawa 20 seismometer Farfield  Node Seismic.

Alat tersebut dipasang di danau terluas di Sumatra itu, guna melengkapi sensor permanen yang telah dipasang BMKG sebelumnya. 

Muksin menambahkan, tim USK yang diwakili oleh Arifullah SSi dan Miswar mulai Jumat (30/4/2021) memasang sensor untuk beberapa bulan ke depan bersama Marzuki Sinambela PhD (BMKG I Medan) dan Andrean Simanjuntak MSi (BMKG Mata Ie). 

Instrumen sensor ini, kata Muksin, akan mampu mendeteksi aktivitas gempa bumi dengan skala magnitudo kecil yang tidak dirasakan oleh manusia.

Baca juga: Pelanggaran Protkes saat Konser Amal Ditingkatkan ke Penyidikan, Tersangka akan Segera Ditetapkan

Sementara itu, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah I Medan, Hartanto MM  menjelaskan bahwa kolaborasi ini merupakan tindak lanjut dari hasil analisis yang dikeluarkan Pusat Regional (PGR) I dalam monitoring kejadian gempa bumi yang terjadi di kawasan Danau Toba.

Sejak Januari-28 April 2021, telah tercatat 84 kali kejadian dengan 81 kejadian gempa bumi dangkal dan 3 gempa bumi menengah. 

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved