Breaking News:

KUPI BEUNGOH

Khasiat Terapi Aromatik Minyak Nilam Aceh untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Nilam juga telah banyak digunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengobati pilek, diare, dermatitis, sakit kepala, demam dan meningkatkan nafsu makan

DOK PRIBADI
Adinda Zahra Ayufi Ramadhani dan Dr dr Budi Yanti SpP (K). 

Oleh: Adinda Zahra Ayufi Ramadhani dan Dr dr Budi Yanti SpP (K)*)

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 atau severe acute respiratory syndrome 2.

Penularan virus ini dapat terjadi melalui droplet dari batuk, bersin atau berbicara ketika seseorang melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi SARS-CoV-2.

Peningkatan jumlah kasus aktif dan korban meninggal setiap harinya menunjukkan bahwa Indonesia khususnya Aceh harus terus melakukan pembenahan dalam penanganan Covid-19.

Terlebih lagi, SARS-CoV-2 merupakan salah satu jenis virus yang sangat mudah memperbaharui protein tubuhnya (mutasi genetik).

Siapapun kita memiliki peluang untuk terkena Covid-19, oleh karena itu kita berkewajiban memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, berolahraga dan melakukan aktivitas yang mendukung sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman budi daya yang dihasilkan oleh kekayaan alam Aceh sendiri seperti Nilam atau Pogostemon cablin.

Baca juga: Lagi, ARC Nilam Aceh Menjadi Pusat Riset Terbaik di USK

Berbagai referensi menunjukkan bahwa Pogostemon cablin dapat dijadikan sebagai imunomodulator (memperkuat sistem imun) yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama di saluran pernapasan, sehingga merutinkan penggunaan tanaman budi daya ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Aceh .

Aceh merupakan daerah penghasil Nilam terbesar di Indonesia, sekitar lebih dari 75 persen total Nilam Aceh merupakan komoditi ekspor Negara Indonesia.

Nilam Aceh merupakan terbaik kedua di dunia karena kualitas dan mutunya sangat unggul sehingga diakui di tingkat Internasional.

Halaman
1234
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved