Breaking News:

Berita Banda Aceh

BI Aceh Siapkan Uang Rp 1,4 Triliun untuk Lebaran Idul Fitri Tahun Ini

BI Aceh mempersiapkan kebutuhan uang kartal sebesar Rp 1,4 triliun dalam menyambut ramadhan tahun 2021

situsbudaya.id
Gedung Bank Indonesia Perwakilan Aceh di di Jalan Cut Meutia Banda Aceh. 

Laporan Mawaddatul Husna | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Aceh, Achris Sarwani menyebutkan dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, BI Aceh mempersiapkan kebutuhan uang kartal sebesar Rp 1,4 triliun.

Uang tersebut dipersiapkan untuk kebutuhan perbankan dan masyarakat di wilayah kerja BI Provinsi Aceh.

Ia menyebutkan, angka ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 1,6 triliun.

”Dibandingan dengan tahun lalu proyeksi kebutuhan menurun sebesar 13 persen dari Rp 1,6 triliun pada 2020,” kata Achris kepada Serambinews.com, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Bandara SIM Siap Dukung Periode Peniadaan Mudik

Sementara untuk penukaran uang menjelang Lebaran, Achris mengatakan Bank Indonesia tidak melakukan penukaran uang Lebaran di tempat umum seperti sebelum terjadi Covid-19.

“Penukaran uang pecahan kecil (UPK) kepada masyarakat sudah diserahkan kepada Perbankan dengan loket khusus yang disediakan oleh Perbankan di seluruh Provinsi Aceh, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan saat melakukan penukaran ke Bank,” sebutnya.

Terkait dengan pecahan uang yang paling diminati oleh masyarakat Aceh jelang Lebaran adalah pecahan Rp10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000 walaupun ada juga sebagian kecil yang melakukan penukaran pecahan Rp 20.000 dan Rp1.000.

Baca juga: Miliarder Bill Gates dan Melinda Bercerai, 27 Tahun Usia Pernikahan Berakhir Dengan Perpisahan

Disamping itu, Achris juga menyampaikan terkait pecahan Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK RI) pecahan Rp 75.000 adalah legal tender atau berlaku sabagai mata uang sah yang digunakan untuk transaksi bayaran.

“Dapat dibelanjakan dan juga dapat sebagai koleksi,” sebutnya.

Hingga hari ini, dikatakan Achris, persediaan UPK75 sebanyak 1.100.000 lembar/bilyet sudah seluruhnya didistribusikan dan diserap oleh masyarakat dan perbankan wilayah Aceh.

Terkait dengan libur bank, Bank Indonesia menetapkan kegiatan operasional dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H Tahun 2021, yaitu untuk layanan kas ditiadakan pada hari Rabu, Kamis dan Jumat pada tanggal 12,13,14 Mei 2021. (*)

Baca juga: Nelayan Peudada Temukan Mayat Mengapung di Laut

Penulis: Mawaddatul Husna
Editor: Muhammad Hadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved