Breaking News:

Berita Aceh Barat

Pembuatan Paspor di Tengah Pandemi Sepi, Imigrasi Beri Pelayanan Hingga ke Desa-desa

"Jadi nanti dikumpulkan dulu diatas tiga orang di salah satu rumah, baru kami akan menuju ke rumah itu untuk membuatkan paspor. Kalau satu per satu...

SERAMBINEWS.COM/ SA'DUL BAHRI
Suasana pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh terlihat sepi, karena minimnya warga yang melakukan pembuatan paspor, Selasa (4/5/2021). 

"Jadi nanti dikumpulkan dulu diatas tiga orang di salah satu rumah, baru kami akan menuju ke rumah itu untuk membuatkan paspor. Kalau satu per satu kami tidak melayani," jelasnya.

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh mulai menerapkan pelayanan paspor dari rumah ke rumah di wilayah kerjanya kawasan Pantai Barat Selatan-Aceh.

Pelayanan tersebut sebagai bagian dari peningkatan pelayanan kepada masyarakat di wilayah kerja kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, sekaligus mencegah penumpukan masyarakat di kantor tersebut, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, Azhar kepada Serambinews.com, Selasa (4/5/2021) mengatakan, setiap warga yang membutuhkan pembuatan paspor petugas akan mendatangi ke rumah yang bersangkutan.

Pelayanan tersebut tentunya harus lebih awal dilakukan pengajuan atau permohonan, baik secara pribadi dan kelompok minimal dalam satu desa ada tiga orang lebih.

"Semua daerah di wilayah kerja kita tentunya menyambut baik akan hal tersebut dan justru mereka memfasilitasinya,” terang Azhar.

Ia mengatakan, bahwa di tengah pandemi Covid-19 ini tentunya pembuatan paspor sangat sepi, selain jamaah haji dan calon jamaah umrah.

Baca juga: Larangan Mudik Diterapkan, Aceh Tamiang Tutup Pintu Perbatasan dengan Sumut Mulai 6 Mei

"Jadi nanti dikumpulkan dulu diatas tiga orang di salah satu rumah, baru kami akan menuju ke rumah itu untuk membuatkan paspor. Kalau satu per satu kami tidak melayani," jelasnya.

Sementara pelayanan paspor dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, serta memakai masker, dan pelayan tersebut diberikan secara gratis.

Pelayanan yang dilakukan hingga ke rumah-rumah dalam pembuatan paspor oleh kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Meulaboh, merupakan salah satu terobosan lembaga setempat guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam amatan Serambinews.com, pada Selasa pagi tidak terlihat adanya warga yang mendatangi kantor tersebut untuk pembuatan paspor.

Sedangkan para petugas tetap siaga, guna memberikan pelayanan terhadap warga di kantor tersebut.

Sepinya warga untuk pembuatan paspor saat ini, disebabkan adanya pembatasan perjalanan keluar Negeri, akibat Covid-19.

Sehingga faktor tersebut pembuatan paspor semakin sepi, kecuali jamaah haji dan jamaah umrah, sebagai bentuk kesiapan jika sewaktu-waktu mereka di bolehkan umrah atau berhaji tahun ini. (*)

Baca juga: Pelamar CPNS Wajib Tahu, Ini Perubahan Prosedur Pelaksanaan Metode CAT BKN untuk Seleksi CASN 2021

Penulis: Sa'dul Bahri
Editor: Nurul Hayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved