Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Divonis Lebih Tinggi dari Tuntutan, Cucu yang Membunuh Nenek Ajukan Banding

ABS (18) dan BWY (17), dua remaja di Aceh Tamiang yang divonis bersalah oleh PN Kualasimpang atas perampokan dan pembunuhan terhadap seorang nenek...

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Jalimin
For Serambinews.com
Dewi Kartika (tengah atas) saat mengikuti sidang virtual di PN Kualasimpang dengan agenda putusan terhadap dua remaja yang terlibat perampokan dan pembunuhan seorang nenek, Senin (10/5/2021). 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - ABS (18) dan BWY (17), dua remaja di Aceh Tamiang yang divonis bersalah oleh PN Kualasimpang atas perampokan dan pembunuhan terhadap seorang nenek mengajukan banding.

Pengajuan banding ini disampaikan penasehat hukum keduanya, Dewi Kartika usai berkoordinasi dengan keluarga terdakwa pasca-putusan vonis yang dibacakan pada Senin (10/5/202) siang.

“Tadi di depan hakim sempat pikir-pikir, tapi setelah berkoordinasi dengan keluarga, kita akan ajukan banding,” kata Dewi.

Dewi yang tergabung dalam Organisasi Bantuan Hukum Perkumpulan, Pendidikan, Pendampingan untuk Perempuan dan Masyarakat (OBH -PP3M) menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi dasar pengajuan banding ini.

Pertama kata dia, vonis yang dijatuhkan hakim melebihi tuntutan jaksa.

Diketahui dalam tuntutan yang dibacakan JPU Mariono pada persidangan sebelumnya, ABS dituntut tujuh tahun penjara, sedangkan BWY dituntut enam tahun penjara.

“Vonis untuk ABS melebihi tuntutan menjadi 9,6 tahun penjara, sedangkan BWY menjadi tujuh tahun,” bebernya.

Dewi juga tidak sepakat dengan pandangan hakim tentang kedua kliennya yang dinilai memberi keterangan berbelit dan tidak menunjukan penyesalan. Justru menurut Dewi, kedua tersangka sejak awal diringkus polisi, sudah sangat menyesal dan menunjukan kecemasan.

“Namanya anak-anak, mereka menyesali perbuatannya hanya dengan diam. Jadi kalau dinilai tidak menyesal, tidak tepat,” kata Dewi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved