Breaking News:

Berita Banda Aceh

Selama Ramadhan, PMI Banda Aceh Berhasil Kumpulkan Darah 1.280 Kantong

Aksi kemanusiaan tetap dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Selama Ramadhan 1442 hijriah, PMI Banda Aceh Berhasil Kumpulkan Darah 1.280 Kantong 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aksi kemanusiaan tetap dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah.

Lembaga tersebut melakukan aksi jemput bola melalui kegiatan donor darah yang dipusatkan di tempat-tempat keramaian seperti rumah ibadah, kantor partai politik, dan warung kopi.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny kepada Serambinews.com, Senin (10/5/2021) mengatakan, aksi kemanusiaan yang dilakukan pihaknya selama Ramadhan berakhir pada Minggu (9/5/2021).

"Kegiatan ini dimulai sejak malam ketiga Ramadhan hingga tadi malam. Alhamdulillah darah yang terkumpul 1.280 kantong," katanya.

Baca juga: Mantan Kombatan GAM Ini Sudah Setahun Terbaring Akibat Sakit, Tubuhnya Makin Kurus

Jumlah tersebut diperoleh dari 70 tempat yaitu di 40 masjid yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, 28 warung kopi, satu kantor partai politik, dan satu gereja.

"Partisipasi warga lumayan juga, walau belum maksimal, kita setiap malam turun tiga tim untuk tiga tempat donor," ujarnya.

Aksi donor darah dilakukan setelah pelaksanaan shalat tarawih. Secara umum golongan darah yang banyak terkumpul adalah golongan A, B, dan O.

"Memang kita mendapatkan 1.280 kantong tetapi kebutuhan darah setiap harinya minimal 100 kantong darah untuk melayani rumah sakit yang ada di Banda Aceh, Aceh Besar, Calang dan Sabang," ungkap Qamaruzzaman Hagny.

Baca juga: Gagal Dapatkan Jet Tempur F-35 AS Akibat Beli Senjata Rusia, Kini Turki Produksi Jet Tempur TF-X

Selain mendapatkan darah dari kegiatan jemput bola tersebut, selama Ramadhan, PMI Kota Banda Aceh juga mendapat darah dari pendonor yang datang langsung ke Kantor PMI setempat.

"Di luar pendapatan tadi juga ada pendonor yang datang langsung ke PMI terutama setelah berbuka puasa, malah karena emergensi pagi dan siang pun ada beberapa yang datang," ungkapnya. 

"Termasuk Gubernur Aceh Nova Iriansyah juga ikut berdonor dalam bulan puasa ini. Untuk memudahkan pasien kami menyediakan call center 08116815800," sebut Qamaruzzaman Hagny.

PMI Kota Banda Aceh berterima kasih kepada pendonor darah, baik kepada jamaah tarawih di masjid dan mushalla serta warung kopi yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar.(*)

Baca juga: Profil Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat yang Ditangkap KPK, Punya Deretan Posisi di Perusahaan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved