Breaking News:

Berita Aceh Selatan

Banjir dan Tanah Longsor Landa Aceh Selatan

Bongkahan batu besar yang jatuh ke badan jalan tersebut terjadi di kawasan Gunung Alue Naga, Kecamatan Tapaktuan, hingga menghambat arus lalu lintas.

Dok BPBD Asel
Akibat hujan yang mengguyur wilayah Aceh Selatan, Senin (17/05/2021) mulai Pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 16.15 Wib mengakibatkan terjadinya banjir dan longsor batuan di Jalan Nasional Kecamatan Tapaktuan menuju Kecamatan Pasie Raja. 

Laporan Taufik Zass | Aceh Selatan 

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Akibat hujan yang mengguyur wilayah Aceh Selatan, Senin (17/05/2021) mulai Pukul 10.00 Wib sampai dengan pukul 16.15 Wib mengakibatkan terjadinya banjir dan Longsor batuan di Jalan Nasional Kecamatan Tapaktuan menuju Kecamatan Pasie Raja.

Bongkahan batu besar yang jatuh ke badan Jalan Nasional tersebut terjadi di kawasan Gunung Alue Naga, Desa Panjupian, Kecamatan Tapaktuan hingga terhambatnya aktivitas pengguna Jalan Nasional. 

Hujan dengan intensitas tinggi hingga Senin (17/05) malam masih menguyur Kabupaten Aceh Selatan dan mengakibatkan terjadinya banjir luapan di beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Sesuai data yang diperoleh Serambinews.com dari Pusdalops BPBD Kabupaten Aceh Selatan, ketinggian air berbeda di setiap kecamatan, rata-rata mencapai 10 Cm s/d 70 Cm di area permukiman warga setempat sehingga menyebabkan terganggunya aktivitas warga.

Adapun lokasi kejadian dan data terdampak Banjir di Kabupaten Aceh Selatan diantaranya, di Gampong Pulo Air, Desa Mersak, Desa Koto Malaka, Gampong Padang, Gampong Sawah dan Desa Jambo Papan, Kecamatan Kluet Tengah.

Sedangkan Gampong yang terendam banjir di Kecamatan Pasie Raja, yakni Gampong Panton Bili, Silolo, dan Pante Raja. Di Kecamatan Tapaktuan, yakni di Gampong Air Pinang.

Baca juga: Banjir di Woyla Barat Surut, Sebagian Genangan Air Masih Tersisa di Sejumlah Gampong

Baca juga: Meski Masjid Al-Aqsa Situs Suci Umat Islam, Negara Arab tak Izinkan Warganya ke Palestina, Mengapa?

Baca juga: Kerusakan Semakin Parah, Warga Pertanyakan Pembangunan Ruas Jalan Aceh Timur - Gayo Lues

Baca juga: VIDEO Nikmati Libur Lebaran Idul Fitri, Warga Aceh Barat Padati Pantai Wisata Lhok Bubon

"Kondisi mutakhir, jalan di lokasi longsor bisa di lalui setengah badan jalan," ungkap Kalak BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP.

Upaya yang telah dilakukan, Kalak BPBD Kabupaten Aceh Selatan telah menugaskan Satgas PB BPBD Ke Lokasi untuk Asesment. Selain itu Pusdalops PB Berkoordinasi dengan PPK 26 untuk pembersihan bongkahan batu di Badan Jalan Tersebut.

"Tim Pusdalops terus memantau perkembangan laporan di seluruh Wilayah Kabupaten Aceh Selatan dan membuat laporan terkait kejadian tersebut," jelas Cut Syazalisma.(*)

Penulis: Taufik Zass
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved