Breaking News:

Berita Aceh Timur

Reaktif Covid-19, IRT Ini Dirujuk ke Rumah Sakit dengan Pengawalan Babinsa dan Babinkamtibmas

Petugas kesehatan Puskesmas Birem Bayeun, Aceh Timur, Rabu (19/5/2021), merujuk seorang warga reaktif Covid-19 asal salah satu desa di Kecamatan Birem

Penulis: Zubir | Editor: Saifullah
Foto MC KODIM 0104/ATIM
Petugas kesehatan dan Babinkamtibmas serta Babinsa saat melakukan evakuasi warga reaktif Covid-19. 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Petugas kesehatan Puskesmas Birem Bayeun, Aceh Timur, Rabu (19/5/2021), merujuk seorang warga reaktif Covid-19 asal salah satu desa di Kecamatan Birem Bayeun.

Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan, proses evakuasi pasien dugaan terpapar Covid-19 itu dikawal Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Atim, Kopda Supendi dan Babinkamtibmas Polsek Birem Bayeun Polres Langsa, Aipda Jefry.

Babinsa Koramil 11/Birem Bayeun Kodim 0104/Atim, Kopda Supendi, Rabu (19/5/2021), mengatakan, pihaknya memperoleh informasi terkait adanya warga yang terpapar wabah Covid-19 berinisial A (43), seorang ibu rumah tangga atau IRT asal Desa Alue Sentang, yang sebelumnya mengeluhkan sesak napas. 

Sehari sebelumnya atau Selasa (18/5/2021), A sempat menjalani perawatan dan rapid test di Rumah Sakit Cut Meutia Langsa, dan hasilnya yang bersangkutan dinyatakan reaktif Covid-19.

"Akan tetapi, dari pihak keluarga membawa kembali A pulang ke rumahnya untuk melaksanakan isolasi mandiri," jelas Kopda Supendi.

Baca juga: Paksa Bocah jadi PSK, Anak Anggota DPRD Bekasi Jadi Tersangka Perdagangan Orang, Kini Buron

Baca juga: Tgk Amran Paparkan Potensi Wisata dan Ekonomi Kreatif Aceh Selatan

Baca juga: Bantu Palestina, Ketua DPRK Pidie Ajak Bupati Lancarkan Gerakan Sosial Libatkan ASN

Saat itu, tambah Babinsa, pihak Rumah Sakit Cut Meutia memberikan obat dengan catatan apabila kondisi pasien tidak mengalami perubahan agar segera lapor ke bidan desa agar dirujuk RSUD Sultan Azizsyah Peureulak.

Ternyata hingga Rabu (19/5/2021), kondisi A tidak ada perubahan, sehingga pihak keluarga melaporkan kepada bidan desa untuk dirujuk RSUD Sultan Azizsyah Peureulak.

"Saat itu, bidan Desa Alue Sentang melaporkan kejadian tersebut ke Puskesmas Birem Bayeun," terangnya.

Mendapat kabar itu, Kopda Supendi bersama Babinkamtibmas Polsek Birem Bayeun, Aipda Jefry, langsung mendampingi petugas penanganan Covid-19 dari Puskesmas Birem Bayeun.

Petugas kesehatan Puskesmas Birem Bayeun melakukan evakuasi warga yang reaktif Covid-19 ini untuk dilakukan penanganan lebih lanjut di RSUD Sultan Azizsyah Peureulak, Aceh Timur. 

Baca juga: VIRAL Video Asusila di Pemandian Cikoromoy, Begini Nasib Pelaku Kini

Baca juga: Perlu Komunikator Internasional Tengahi Konflik Palestina dan Israel

Baca juga: Putus Penyebaran Corona, Polres Aceh Singkil Lakukan Rapid Tes Antigen di Posko Penyekatan

"Siang tadi (Rabu siang), pasien A dibawa petugas menggunakan ambulans dari Puskesmas Birem Bayeun untuk dirujuk ke RSUD Sultan Azizsyah Peureulak dengan Protokol Covid-19," Terang Koptu Supendi.

Secara terpisah, Danramil 11/Brb, Kapten Inf Jaya Sakti menyampaikan, atas adanya kasus Covid-19 itu maka pihaknya telah melakukan kordinasi dengan Satgas Covid-19 di desa setempat untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan.

Termasuk juga dilakukan pendataan warga yang sempat kontak langsung dengan pasien A di desa yang bersangkutan.

"Kemudian kita juga mengimbau agar mereka melaksanakan isolasi mandiri sampai menunggu keluarnya hasil swab pasien A dari RSUD Sultan Azizsyah Peureulak," pungkas Danramil.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved