Breaking News:

Berita Gayo Lues

Aceh Tracker Ekspedisi Pendakian di Pegunungan Utara Gayo Lues

Aceh Tracker melaksanakan kegiatan ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya

Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Said Murthaza Almahdaly (36/kiri) sebagai Teamleader rangkap Navigator dan Rescue. Sultan Refi Pobri Fonna (23/kanan) sebagai Sweeper-1 rangkap Dokumentasi dan Logistik serta satu-satunya perempuan dalam tim, yakni Nova Zahara (23) sebagai Sweeper-2 dalam ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya yakni Pegunungan Abong-abong yang berdekatan dengan perbatasan Aceh Tengah dan Nagan Raya 

SERAMBINEWS.COM - Aceh Tracker melaksanakan kegiatan ekspedisi pendakian di pegunungan utara Gayo Lues tepatnya di wilayah Tripe Jaya, yakni Pegunungan Abong-abong yang berdekatan dengan perbatasan Aceh Tengah dan Nagan Raya.

Pendakian Gunung Abong-abong (2961,4mdpl) sebelumnya pernah dilakukan oleh Tim METALIK Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala pada tahun 2010 lalu melalui rute Aceh Tengah.

Ekspedisi pendakian di gunung yang sama juga pernah dilakukan oleh Mapala Leuser Universitas Syiah Kuala pada tahun 1997 via Aceh Tengah.

Berdasarkan Peta Topografi BAKOSURTANAL 1978 diketahui bahwa di puncak Gunung Abong-abong terdapat (titik) Pilar beton dengan nomor Primer 127 yang memang dibuat oleh Belanda (1930-an) dalam rangka Project Jaring Triangulasi atau pemetaan wilayah Aceh dan Hindia Belanda saat itu.

Baca juga: Pejabat Satpol PP Aceh Barat Ditikam, Begini Kronologisnya

"Ekspedisi penjelajahan gunung ini merupakan bagian dari kampanye Program Jelajah Puncak Aceh (JAPAKEH) yang digagas Aceh Tracker," kata Windy Asya Rantika, Wakil Humas Aceh Tracker dalam siaran pers kepada Serambinews.com, Jumat (28/5/2021).

Juga melibatkan berbagai komunitas pegiat alam terbuka baik kalangan Mapala maupun Kelompok Pencinta Alam yang telah dimulai sejak Maret 2012 sejalan dengan berdirinya Aceh Tracker.

Adapun tujuan program JAPAKEH atau Jelajah Puncak Aceh ini adalah untuk membangun citra positif kawasan pegunungan Aceh.

Selain sebagai wahana pengumpulan informasi visual bentang alam, jalur pendakian, dokumentasi keanekaragamanhayati serta sebagai stimulan penelitian dan ilmu pengetahuan, olahraga kepetualangan, wujud prestasi generasi muda, rekam visual sekitar pegunungan dan lain sebagainya.

Pelaksanaan ekspedisi kali ini adalah seri JAPAKEH ke-XVII dimana sebelumnya telah sukses digelar di beberapa wilayah seperti di Sabang, Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Timur dan Aceh Tamiang dan telah menyelesaikan 27 puncak.

Baca juga: Pria 26 Tahun Ditipu Wanita yang akan Dinikahinya, Sudah Transfer Uang Mahar Rp 17 Juta

Adapun Gayo Lues adalah wilayah ke-8 yang akan menjadi lokasi kegiatan untuk Program JAPAKEH. Sebelumnya pada 2017, Aceh Tracker juga telah terlibat kegiatan pendakian di wilayah Gayo Lues di luar Program JAPAKEH, yakni Kegiatan Ekspedisi 28 Gunung Seluruh Indonesia oleh EIGER di wilayah Aceh dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda yang mengambil lokasi di Gunung Kemiri (3314mdpl) Kecamatan Putri Betung – Gayo Lues.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved