Breaking News:

Kesehatan

Moms Wajib Tahu, Ini Segudang Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kurkuminoid utama dalam kunyit, memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang dari semua kelompok umur dan kondisi medis, termasuk bagi ibu hamil

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Manfaat kunyit untuk ibu hamil dan menyusui 

SERAMBINEWS.COM - Penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil dan menyusui.

Dikenal sebagai Queen of Spices, kunyit memiliki sejumlah manfaat obat yang kuat.

Kunyit juga memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, antijamur, antivirus, antidepresan, antipenuaan dan antikarsinogenik.

Tak hanya itu, kurkuminoid utama dalam kunyit, juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang dari semua kelompok umur dan kondisi medis, termasuk bagi ibu hamil.

Masih banyak lagi manfaat kunyit untuk ibu hamil dan menyusui, selengkapnya simak ulasan berikut ini seperti dikutip Serambinews.com dari laman Boldsky pada Jumat (28/5/2021).

Manfaat Kunyit untuk Ibu Hamil

1. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Perubahan dinamis pada hormon, metabolisme dan sitokin selama ke hamilan dapat menyebabkan perkembangan resistensi insulin dan menyebabkan diabetes gestasional dengan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang bagi ibu dan bayinya.

Menurut sebuah penelitian, 100 mg / kg kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan stres oksidatif pada hari ke 20, sehingga menimbulkan efek positif pada ibu hamil dan janin.

2. Mengurangi risiko preeklamsia

Perubahan kardiovaskular tertentu terjadi selama ke hamilan untuk memastikan peningkatan kebutuhan metabolisme ibu dan bayi serta sirkulasi darah yang tepat untuk pertumbuhan janin.

Preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama masa gestasi seringkali dimulai setelah 20 minggu dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan komplikasi atau kematian.

Menurut sebuah penelitian, 0,36 mg / kg kurkumin dapat membantu mengurangi sitokin yang berkontribusi pada preeklamsia.

3. Membantu tumbuh kembang janin

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved