Breaking News:

Info Abdya

Pemkab Abdya Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang NKRI berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan.

Dok Humas
Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar M, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab), menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual, Selasa (1/6/2021) 

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Wakil Bupati Aceh Barat Daya Muslizar M,  bersama Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten (Forkopimkab), menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual, Selasa (1/6/2021) pagi.

Upacara Peringatan dilaksanakan di Ruang Oproom Sekretariat Daerah Kabupaten Abdya yang disiarkan secara daring di akun Youtuber Sekretariat Presiden, dari Istana Kepresidenan, Bogor Jawa Barat.

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara secara virtual dan memimpin langsung pelaksanaan upacara yang dilangsungkan di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan  peringatan ini harus dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang NKRI berdiri, namun tantangan yang dihadapi tidaklah semakin ringan.

Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan.

Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi. Termasuk rivalitas antar pandangan, nilai-nilai dan ideologi.

Baca juga: Siap Bertarung di Even Internasional, Kapolres Dukung Atlet Panahan Asal Kota Lhokseumawe

Baca juga: Azka Rizkina, Pejabat Struktural Umuslim Paling Muda, Ini Profilnya

Baca juga: Muhammad Fadli Terpilih Sebagai Ketua Umum HMI Cabang Lhokseumawe

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi.

Revolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

Menghadap semua ini, perlu adanya perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila yang tidak bisa dilakukan dengan cara biasa.

Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi Industri 4.0.

Sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan.

Baca juga: Rektor ISBI Aceh Lantik Empat Dosen dan 25 ASN Jabatan Fungsional

Baca juga: Setelah Isteri Pertama Meninggal, Ini 5 Fakta Citra Monica, Istri Baru Ifan Seventeen, Apa Saja?

Baca juga: Aktivis Tuding Material Proyek Jalan Samar Kilang-Pondok Baru tak Sesuai Spek,Ini Penjelasan Rekanan

"Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama dan masyarakat, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia maju seperti yang dicita-citakan," pungkas Presiden.

Turut hadir dalam Upacara secara daring tersebut Ketua DPRK Abdya,  Nurdianto, Dandim 0110 Abdya, Letkol Inf Arip Subagiyo, pejabat mewakili Kajari Abdya, pejabat mewakili Ketua Mahkamah Syar'iah Blangpidie, Sekretaris Daerah Drs Thamrin, Asisten Pemerintahan Amrizal SSos, Kepala Kesbangpol dan Linmas, Mussawir, SSos dan Kabag Kominfo, Persandian dan Protokoler Mawardi SH, dengan nenerapkan protokol kesehatan secara ketat.(ABD)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Taufik Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved