Breaking News:

Berita Kutaraja

Wow! SMA Mosa Arun Sukses Kembangkan Otomasi Perpustakaan, Dibantu ALC dan UIN Ar-Raniry

Sekolah itu melakukan sebuah terobosan baru dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
Foto ALC
Kegiatan pengembangan sistem otomasi perpustakaan di SMA Negeri Modal Bangsa Arun, Lhokseumawe. 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE – SMA Negeri Modal Bangsa Arun Kota Lhokseumawe bekerja sama dengan Aceh Library Consultant atau ALC dan Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan.

Sekolah itu melakukan sebuah terobosan baru dengan melakukan otomasi sistem perpustakaan. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari pada 29-31 Mei 2021.

Direktur ALC, Arkin melalui Penanggung Jawab Program, Wandi Syahputra SIP menjelaskan, kegiatan bedah perpustakaan ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan program pengembangan sistem perpustakaan berbasis web di Perpustakaan SMA Negeri Modal Bangsa Arun.

Sehingga melalui program ini diharapkan dapat membantu rutinitas pengelolaan administrasi perpustakaan mulai dari kegiatan pengolahan, sirkulasi, inventaris koleksi, statistik pengunjung dan kegiatan-kegiatan lainnya yang terkait dengan pekerjaan operasional perpustakaan secara cepat dan tepat.

Baca juga: VIDEO Penambang Emas Aceh Barat Ditemukan tak Bernyawa di DAS Krueng Woyla

Baca juga: Pria 24 Tahun Tewas setelah Hirup Lem Karet, Punya Kebiasaan Aneh Semasa Hidup, Sering Minum Bensin

Baca juga: VIDEO - Tertawa Sumringah Dinyatakan Positif Covid-19, Gadis Ini Dikecam Netizen

"Tahap awal kita fokus integrasi dari manual ke automasi dengan menggunakan aplikasi SLiMS dan di hari terakhir kita bekali dan latih para pengelola untuk penerapan sistem otomasi perpustakaan," ulas Wandi selaku Manager Operasional ALC kepada Serambinews.com, Senin (31/5/2021).

Selama 3 hari, kata Wandi, pihaknya fokus melakukan pengolahan seluruh koleksi mulai dari entri, penempelan label dan barcode, serta pembuatan kartu keanggotaan.

Selanjutnya ALC akan membantu onlinekan sistem perpustakaan untuk mendukung penerapan otomasi perpustakaan serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan setiap siswa dalam proses belajar mengajar.

Selain itu, lanjut Wandi, sebagai bentuk komitmen dan kerja sama yang sudah terjalin, pihaknya juga bertanggung jawab memberikan pendampingan untuk pengembangan perpustakaan ke depan.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMAN Modal Bangsa Arun, Drs Muhammad MPd melalui Kepala Perpustakaan, Diana SPd mengatakan, di era perkembangan teknologi informasi saat ini dituntut agar selalu mengikuti perkembangan teknologi.

Baca juga: Ini Nanda Arsyinta, Wanita Cantik yang Viral karena Dinikahi dengan Mas Kawin Saham Ratusan Lot

Baca juga: Menantu Wanita Halangi Proses Pemakaman Jenazah Ayah Mertua, Emosi Tak Diberi Harta Warisan Banyak,

Baca juga: Beri Kenyamanan Pedagang & Pengunjung, Wali Kota Perintahkan Fasilitas Pasar Al Mahirah Terus Ditata

Begitu juga dengan dengan perpustakaan sekolah agar mampu memenuhi kebutuhan informasi dan layanan bagi warga sekolah.

"Saya berharap semoga rekan-rekan Aceh Library Consultant akan selalu mendampingi dan menjadi mitra untuk pengembangan perpustakaan kearah yang lebih baik untuk mewujudkan program perpustakaan berbasis digital," kata Diana.

Kehadiran para alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang tergabung dalam Aceh Library Consultant (ALC) dipimpin langsung oleh Direktur ALC, Arkin bersama Manager Operasional Wandi Syahputra.

Hadir juga anggota ALC lainnya seperti M Zulkifli SIP, Muhammad Taufiq, Fitri Rahmasari SIP dan Mutia Andriyani SIP.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved